Responsive image
Selasa, 2019-07-23 , 21:26:08 WIB

Kementerian PPPA Berencana Membina Keluarga TKI Di Daerah Perbatasan


JAKARTA- Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang merupakan mitra dari Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) berencana untuk melaksanakan kegiatan Pemberdayaan Bina Keluarga TKI di daerah perbatasan.


Biro Perencanaan dan Data Kementerian PPPA, Nesya Kartika, mengatakan ada dua daerah perbatasan yang rencananya akan mendapatkan program tersebut. Dua daerah perbatasan itu adalah Entikong, Kalimantan Barat dan Nunukan, Kalimantan Utara.


“Sebelumnya saya informasikan bahwa Kementerian kami itu ada di cluster tiga, kewenangannya itu cuma sampai provinsi tapi ada beberapa arahan dari pimpinan untuk melaksanakan kegiatan yang akan kami lakukan itu di Nunukan dan Entikong yaitu Pemberdayaan Bina Keluarga TKI terhadap orang tua dan anak yang ditinggalkan oleh pekerja migran ke luar negeri,” ujarnya di Hotel Aone, Jakarta Pusat, Selasa (23/7).


Nesya menjelaskan bahwa yang dilakukan oleh pihaknya adalah memberikan materi pola asuh anak kepada orang yang mengasuh anak para TKI yang ditinggal.


“Itu materinya terkait pola asuh anak, ketahanan keluarga dan hak anak. Jadi yang kami lakukan adalah community parentingnya, jadi kami berikan pemberdayaan bagaimana cara pola asuh dan ketahanan keluarga. Karna banyak sekali di daerah perbatasan biasanya perempuan bekerja di luar negeri,” lanjutnya.


Rencananya Kementerian PPPA akan membuat dua kelas untuk Pemberdayaan Bina Keluarga TKI di perbatasan. Yang pertama Kementerian PPPA akan menyampaikan materi kepada 100 orang tua pengasuh anak TKI. Dan yang kedua materi akan disampaikan kepada 100 orang anak TKI.


Ia berharap dengan adanya program Bina Keluarga TKI di perbatasan ini dapat menambah ilmu para pengasuh anak TKI dalam mengasuh anak, dimana nanti anak tersebut masih bisa mendapatkan hak-haknya sebagai anak.


“Harapannya adalah jadi lebih tahu informasinya terkait bagaimana cara mengasuh anak dan ketahanan keluarga ketika ditinggalkan orang tua seperti apa dan hak anak,” pungkasnya.


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
MATERI
ARORA
Rakordal