Responsive image
Selasa, 2019-05-07 , 14:34:43 WIB

Kenaikan Harga Bahan Pokok Tidak Menjalar Ke Mayarakat Pulau Terluar


JAKARTA - Tingginya harga bahan pokok dikarenakan stok berkurang tidak menjadi ancaman bagi masyarakat Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.  Meski berada di pulau terluar yang berbatasan dengan Filippina tidak membuat stok bahan pangan di kawasan perbatasan tidak tercukupi.


Wakil Bupati Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, Helmud Hontong menjelaskan kebutuhan bahan pokok di daerahnya cukup hingga lebaran. Helmud menambahkan bahan bokok seperti beras dalam posisi aman untuk kebutuhan masyarakat.  Disamping itu, masyarakat Sangihe juga sudah mulai terbiasa mengkonsumsi makanan lokal seperti sagu dan umbi-umbian yang banyak diproduksi petani setempat. Namun, sejauh ini Pemkab Sangihe melalui dinas terkait terus melakukan pemantauan terhadap harga yang ada di pasar.

"Pemerintah melalui dinas teknis terus melakukan pemantauan harga bahan pokok masyarakat di pasar tradisional agar jangan sampai naik. Kami bisa pastikan, kebutuhan pokok masyarakat khususnya bahan makanan cukup tersedia di Sangihe sampai perayaan lebaran nanti," ujar Helmud seperti diberitakan Antara, Selasa (7/5/2019).

Harga kebutuhan pokok yang stabil di kawasan perbatasan merupakan hasil dari kebijakaan pemerintah pusat dalam mewujudkan konektifitas dan merangkai nusantara dengan menjangkau wilayah Terpencil, Terdepan, Tertinggal dan Perbatasan (3TP). Digagasnya tol laut merupakan bagian dari rencana induk Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP). Terlebih Kabupaten Sangihe merupakan daerah yang masuk ke dalam Pusat Kegiatan Strategis Nasional (PKSN) dan lokasi prioritas. Adapun rencana aksi BNPP yang dilaksanakan oleh kementerian dan lembaga di Kabupaten Sangihe, seperti pembangunan kebutuhan penunjang bagi masyatakan Sangihe yakni saluran air pembangunan pemukiman di sejumlah tempat di Kabupaten Sangihe yang dianggarkan oleh Kemen PUPR.

Pembangunan bandara di Kabupaten Talaud dan Sangihe serta pengadaan transportasi laut untuk menjangkau Tahuna-Marore-Davao (Filipina) oleh Kemebhub untuk menunjang komunikasi dan informasi masyarakat, Kemeninfo telah mengalokasikan anggaran Rp48,500 untuk penyediaan jaringan telekomunikasi di Kabupaten Sangihe dan Talaud.


(Humas BNPP dan Sumber Lain)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
MATERI
ARORA
Rakordal