Responsive image
Senin, 2019-04-22 , 15:26:52 WIB

Kepala BNPP Dorong Percepatan Pembangunan 11 PLBN


JAKARTA - Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Tjahjo Kumolo mendorong pembangunan 11 pembangunan Pos Lintas Batas Negara dapat dioptimalkan. 

Tjahjo yang juga Menteri Dalam Negeri ini memasang target pada Agustus nanti, salah satu dari 11 PLBN dapat terbangun. Untuk itu jugalah BNPP sebagai lembaga yang mengoordinasi pembangunan dan pengelolaan perbatasan harus terus bersinergi dengan kementerian dan lembaga anggota BNPP.

Tjahjo menambahkan pembangunan PLBN akan menjadi salah satu bahan laporan BNPP untuk pemerintahan yang baru, disamping program BNPP lainnya dalam pembangunan kawasan perbatasan. 

"Optimalisasi sisa PLBN harus selesai, setidaknya pada Agustus tahun ini, minimal satu atau dua PLBN yang diselesaikan. Lakukan koordinasi dengan kementerian lembaga dan pemerintah daerah untuk mempersiapkan pembangunan PLBN serta peningkatan sarana dan prasarana lainnya yang masih dianggap belum sempurna," ujarnya saat memimpin upacara di halaman gedung BNPP, Jakarta, Senin (22/4/2019).

Tjahjo juga mengingatkan dalam pembangunan 11 PLBN, tidak hanya mengedepankan infrastruktur dan sarana prasarana sosial serta ekonomi saja, fasilitas pertahanan dan keamanan juga patut mendapat perhatian. Termasuk di tujuh PLBN yang sudah terbangun sebelumnya.

"Yang terpenting melakukan koordinasi lembaga dan kementerian agar target bisa optimal, kemudian memberikan pemahaman terhadap daerah mengenai apa saja yang perlu dipersiapkan agar program BNPP bisa berjalan," tutup Tjahjo.

Pembangunan 11 PLBN tertuang dalam Instruksi Presiden Nomor 1 tahun 2019 tentang Percepatan 11 PLBN Terpadu dan Sarana Prasarana Penunjang di Kawasan Perbatasan. Empat dari 11 PLBN ini berdiri di Kalimantan Utara, dua PLBN berdiri di Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat dan Papua serta satu PLBN berdiri di Kepulauan Riau.


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA