Responsive image
Kamis, 2019-05-09 , 20:22:13 WIB

Kepala BNPP Ingin Pengelolaan PLBN Dapat Menjadikan Perbatasan Daerah Mandiri

JAKARTA - Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Tjahjo Kumolo mengingatkan agar aset yang sudah diserahkan kepada BNPP seperti Pos Lintas Batas Negara (PLBN) dapat dikelola dengan baik untuk menjadikan kawasan perbatasan sebagai daerah mandiri.

Tjahjo menjelaskan target pembangunan PLBN bukan sekadar jalur lintas barang maupun orang, tetapi harus bisa meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di kawasan perbatasan. Sebab, dalam pembangunan PLBN tidak hanya sebatas pintu gerbang pelintas batas. Kebutuhan sosial dasar dan pusat ekonomi juga ikut dibangun secara terpadu untuk mencapai target yang diinginkan.

Tjahjo yang juga Menteri Dalam Negeri ini juga mengimbau pemerintah daerah di kawasan perbatasan untuk ikut berperan dalam meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat di perbatasan negara. Salah satunya dengan memberi peluang bagi investor luar maupun dalam negeri dalam menanamkan modal di pusat-pusat ekonomi di kawasan PLBN. 

"Daya saing dan pertumbuhan ekonomi di wilayah perbatasan itu harus tinggi. Aset-aset yang sudah diserahkan kepada BNPP harus dikelola dengan baik. Bagaimana menjadikan daerah perbatasan itu sebagai daerah yang mandiri, daerah yang bisa tumbuh baik investasinya, pariwisata maupun perdagangannya," ujar Tjahjo di sela acara peresmian Masjid Adz Dzikra dan buka puasa bersama di Gedung BNPP, Jakarta, Rabu (8/5/2019).

Pada Senin (6/5/2019), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyerahkan aset berupa PLBN Skow untuk dikelola oleh BNPP. 

Penyerahan barang milik negara ini dalam rangka menjamin tata kelola aset secara baik dalam meningkatkan pelayanan publik. 

Serah terima hibah aset ditandai dengan penandatanganan naskan dan berita acara serah terima hibah atau alih status barang milik negara antara BNPP dan Kemen PUPR.


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

SIMTAS
LAPOR
LPSE
MATERI