Responsive image
Senin, 2019-02-18 , 06:30:09 WIB

Kini PLBN Kelola Anggarannya Sendiri

JAKARTA - Kementerian Keuangan telah mengesahkan Daftar Isian Pelakaanaan Anggaran (DIPA) Revisi I Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) tahun 2019 pada 31 januari 2019. Dengan pengesahan ini, pengelola Pos Lintas Batas Negara (PLBN) dapat mengoperasikan anggarannya sendiri untuk meningkatkan dinamika PLBN sesuai dengan dokumen perencanaan.

Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Widodo Sigit Pudjianto menjelaskan pemberian kepercayaan yang besar kepada pengelola PLBN memegang anggaran didasari penilaian bahwa personalia di PLBN mampu menyusun perencanaan sekaligus melaksanakan kegiatan operasional dan pemeliharaan aset secara transparan, efektif dan efisien serta patuh pada ketentuan perundangan yang berlaku.

Selain itu, kepercayaan ini juga berkaca dari permasalahan tahun lalu. Salah satunya mengenai penanggulangan kerusakan aset tidak bisa segera diputuskan karena menunggu keputusan dari pusat. Namun sekarang, sedikit demi sedikit permasalahan yang ada akan diatasi dengan mendelegasikan kewenangan kepada struktur pengelola PLBN.

"Kedudukan PLBN sebagai administrator dan fasilitator pelayanan costum, imigration, quarentin dan security (CIQS) akan lebih terlihat," ujar Sigit dalam sambutan Rakor Pelaksanaan Operasional dan Pemeliharaan PLBN 2019 di lingkungan BNPP di Hotel Akmani, Jakarta (13/2).

Lebih lanjut Sigit menilai besaran anggaran pengelolaan operasi dan pemeliharaan PLBN cukup untuk menjamin pelaksanaan tugas dan fungsi perkantoran PLBN dapat beroperasi dengan baik. 

Ia juga mengingatkan dalam pengelolaan anggaran harus mengedepankan aspek kewajaran dan kepatutan sesuai UU 1/2004 tentang Perbendaharaan Negara, Peraturan Presiden 16/2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa, Peraturan Pemerintah 6/2006 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara dan pertanggungawaban keuangan negara juga harus berpedoman pada peraturan. 

"Lebih-lebih saya menuntut agar pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan akuntabel, dapat diyakini secara formal dan materiil," ujarnya.

(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

SIMTAS
LAPOR
LPSE
MATERI
ARORA
Rakordal