Responsive image
Senin, 2019-10-14 , 11:57:23 WIB

Lima Tahun Jokowi-JK Wajah PLBN Berubah Makin Baik


JAKARTA- Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) yang juga Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, mengatakan selama lima tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla berhasil merubah wajah perbatasan negara.


Ia mengatakan Jokowi-JK telah berhasil merubah wajah perbatasan melalui Nawa Cita yang ketiga yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.


Tjahjo menuturkan wajah Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di daerah perbatasan saat ini sudah berubah menjadi lebih baik, tinggal bagaimana cara memelihara PLBN yang sudah dibangun.


"Selama lima tahun, Nawa Cita terkait BNPP ini sudah maksimal selesai tinggal beberapa hal yang saya rasa terus kita komunikasikan. Percepatan Pembangunan Perbatasan sudah dilaksanakan dengan cepat, sehingga wajah PLBN juga sudah berubah, yang semula kumuh, terisolir, tinggal kita fokus pada aspek pemeliharaannya," ujarnya dalam siaran pers, Jumat (11/10).


Tjahjo juga meminta jajarannya untuk terus mengecek dan memastikan percepatan penyediaan infrastruktur dan aspek lainnya di kawasan perbatasan berjalan dengan lancar dan terpelihara dengan baik.


"Kebutuhan ekonomi, pertumbuhan masyarakat perbatasan, masyarakat adat harus dijaga dengan baik, kemudian dicek benar sehingga percepatan penyediaan infrastruktur transportasi untuk memperlancar arus barang, dan lain sebagainya, karena PLBN terpadu juga harus dilengkapi dari sisi imigrasi, beacukai, kesehatan, dan lainnya," kata Tjahjo.


Di pemerintahan Jokowi-JK, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang merupakan anggota BNPP telah berhasil membangun tujuh Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu di beberapa titik perbatasan Indonesia dengan negara tetangga. Di tahun 2019, pembangunan PLBN Terpadu akan terus dilanjutkan. Rencananya pemerintah akan kembali membangun PLBN Terpadu di 11 daerah perbatasan.



(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA