Responsive image
Rabu, 2019-11-20 , 11:45:31 WIB

Mahfud MD: Selandia Baru Dukung Papua Bagian Indonesia


JAKARTA- Ketua Pengarah Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) yang juga Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD, menegaskan bahwa parlemen Selandia Baru sangat mendukung integrasi atau keutuhan wilayah Indonesia, termasuk sangat mendukung Papua sebagai bagian dari Indonesia.


Hal tersebut disampaikan Mahfud usai bertemu dengan delegasi parlemen Selandia Baru yang dipimpin oleh Kanwaljit Singh Bakshi. Mahfud mengatakan Selandia Baru bukan hanya mendukung keutuhan wilayah Indonesia secara politik semata, tapi juga mendukung secara konstitusional dan hukum internasional.


"Saya tegaskan dukungan Anda, Selandia Baru bukan hanya dukungan politik, tetapi secara konstitusional dan hukum internasional. Karena hukum internasional sudah menyatakan bahwa itu bagian yang sah dari Indonesia dan menurut ICCR, jika sebuah wilayah sudah menjadi bagian dari suatu negara maka wilayah tersebut harus dipertahankan oleh negara yang bersangkutan dengan cara apapun,” ujar Mahfud MD seperti dikutip dari polkam.go.id, Selasa (19/11/2019).


Dalam kesempatan tersebut, kepada parlemen Selandia Baru Mahfud menjelaskan masalah yang ada di Papua. Salah satu yang dijelaskan olehnya adalah soal pelanggaran hak asasi manusia. Menurutnya, isu di Papua yang selalu dikaitkan dengan HAM, itu dua hal yang berbeda.


Ia menjabarkan di Papua sendiri gerakan atau kerusuhan dilakukan oleh dua kelompok, yakni kelompok separatis. Mahfud mengatakan bahwa yang dilakukan Pemerintah bukanlah pelanggaran HAM melainkan penegakan hukum terhadap kelompok separatis.


Menkopolhukam menjelaskan, negara mempunyai undang-undang mengenai keamanan dan ketertiban yang menjamin dan memberi hak kepada negara untuk melakukan langkah-langkah keamanan, jadi hal ini bukan pelanggaran HAM.


"Kedua, saya katakan pelanggaran HAM yang terjadi di Papua itu secara horizontal, antar kelompok dengan kelompok lainnya ditingkat rakyat dan itu tidak bisa dibantah," pungkasnya.


Sementara Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya, menyampaikan Selandia Baru selalu menghormati wilayah teritorial Indonesia dari Sabang sampai Marauke.


"Adanya suara-suara yang mendukung Papua itu adalah opini pribadi dari beberapa anggota parlemen, media, dan NGO. Tapi sikap resmi dari pemerintah Selandia Baru itu tidak pernah berubah, mereka mendukung wilayah teritorial Indonesia di mana termasuk di dalamnya Papua," katanya.


(Humas BNPP dan Sumber Lain)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA