Responsive image
Senin, 2019-09-30 , 18:50:31 WIB

Masyarakat Menilai Pembangunan Infrastruktur di Perbatasan Negara Makin Baik

JAKARTA- Sebagian besar masyarakat Indonesia menilai pembangunan infrastruktur di wilayah perbatasan Indonesia makin baik.

Demikian disampaikan oleh Manajer Dept. Penelitian Litbang Kompas, Toto Suryaningtyas, dalam acara Forum Tematik Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) Tematik Pengelolaan Perbatasan dengan tema "Menjaga Rumah Merah Putih di Batas Negeri" yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).

Toto menyampaikan bahwa pihaknya melakukan jajak pendapat di 12 kota besar di Indonesia pada tahun 2017, dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang salah satunya adalah perbandingan pembangunan infrastruktur di masa kini dibandingkan dengan beberapa waktu yang lalu.

Ia menyampaikan 64,6 persen masyarakat mengakui bahwa pembangunan infrastruktur di kawasan perbatasan negara makin baik.


"64,6 persen menilai makin baik, 13,4 persen menilai tetap, 10,7 persen menilai makin buruk dan 11,3 persen tidak tahu 
atau tidak menjawab," ujarnya di Oasis Amir Hotel, Jakarta Pusat, Senin (30/9).

Toto dalam paparannya menyampaikan pengumpulan pendapat masyarakat perbatasan ini dikumpulkan melalui sambungan telepon pada 30-31 Juli 2017.

Dengan responden sebanyak 568 yang berusia minimal 17 tahun dan dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis dari buku telepon terbaru.

Toto mengaku sebenarnya jajak pendapat ini didapatkan bukan karna murni untuk mengukur kepuasan masyarakat perbatasan, namun pihaknya saat itu ingin mengetahui tingkat nasionalisme di tapal batas.

Pihaknya yakin dengan pembangunan infrastruktur di wilayah perbatasan yang telah digenjot oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) anggota BNPP, tingkat kepuasan masyarakat akan tambah meningkat dibandingkan jajak pendapat yang dilakukan oleh Litbang Kompas pada tahun 2017.

"Bisa kita bayangkan kalau dibandingkan dengan sekarang pasti akan jauh meningkat apresiasi dari masyarakat dengan kondisi saat ini," pungkasnya.

(Humas BNPP)
VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA