Responsive image
Senin, 2019-04-15 , 17:50:43 WIB

Melirik Persiapan Pemilu Di Kawasan Perbatasan


JAKARTA - Persiapan Pemilu dan Pilpres serentak 2019 di kawasan perbatasan telah terkoordinasi dengan baik.

Mulai dari logistik, kesiapan tempat pemilihan suara hingga keamanan telah diteliti satu persatu dengan baik.

Seperti di Kecamatan Badau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat yang berbatasan dengan Malaysia. Kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) Kecamatan Badau mendirikan posko dan dapur umum untuk coblosan Pemilu pada, 17 April mendatang. Posko dan dapur umum ini juga sebagai tempat berkumpulnya pihak aparatur negara yang bertugas di perbatasan agar pelaksanaan Pemilu dapat  dengan mudah di pantau dan di monitor.

Untuk wilayah Kecamatan Entikong, Kalimantan Barat, persiapan logiatik pemilu telah terdistribusi.

Kecamatan yang menjadi wilayah perbatasan darat Indonesia-Malaysia dan merupakan daerah berdirinya Pos Lintas Batas Negara (PLBN) menjadi kecamatan yang menjadi prioritas pendistribusian logistik oleh KPUD Sanggau.

Alat kelengkapan pemilu seperti formulir C6 sebanyak 12.078 lembar, 208 unit bilik suara sudah diterima oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Entikong.

Masyarakat di kawasan perbatasan juga memiliki anomo yang tinggi dalam pesta demokrasi lima tahunan ini.

Seperti Ondoafi (Kepala Suku) Perbatasan Skouw-Wutung Stanis Tanfa Chilong. Meski baru 16 tahun menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), namun antusias Stanis untuk mengikuti Pemilu sangat tinggi. 

Warga Kampung Skouw, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura ini telah melengkapi administrasi kependudukan sebagai syarat untuk memilih. Bahkan, 12 anak laki-laki dan sanak saudaranya di Kampung Mosso

didorong untuk memiliki KTP agar dapat mengikuti Pemilu dan Pilpres serentak 2019. Seperti diberitakan Antara, sanak saudara Stanis yang tinggal di perbatasan Skouw-Wutung berjumlah sekitar tujuh kepala keluarga.

Kawasan Perbatasan RI-PNG di Kota Jayapura ini nantinya memiliki dua TPS yang berada di Balai Desa Kampung Mosso dan lapangan helipad depan Posko Taktis Satgas Pamtas wilayah setempat, di mana jumlah kepala keluarganya mencapai 161 KK dengan perkiraan pemilih berjumlah 500-600 orang.

Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Tjahjo Kumolo yakin partisipasi pemilih pada Pemilu dan Pilpres serentak 2019 bisa melebihi target KPU, yakni di atas 77,5 persen.

Tjahjo yang juga sebagai Menteri Dalam Negeri juga yakin pemilih dari generasi muda akan menggunakan hak pilihnya dan tidak bersikap Golput.

Untik mendorong suksesnya Pemilu dan Pilpres serentak 2019 Kemendagri dan BNPP melaksanakan ikrar yang dimulai 15 Februari hingga 5 April 2019. 

Dalam ikrar tersebut kedua lembaga ini menolak segala bentuk kampanye yang bermuatan kebencian, fitnah dan ujaran yang bermuatan SARA serta Hoax dan mendukung, mendorong kampanye yang bermartabat dan beretika, yang lebih mengedepankan adu program, adu konsep, adu gagasan sebagai bagian dari pendidikan politik yang bermartabat.

Penutupan kegiatan Sukseskan Pemilu dan Pilpres serentak 2019 serta lawan hoaks ini dilakukan di Silang Monas pada Jumat, 5 April.

Dalam kesempatan itu Tjahjo mengajak warga negara Indonesia yang mempunyai hak pilih untuk tidak Golput dan mengajak keluarga, lingkungan untuk mengorganisir dan menggerakkan seluruh masyarakat Indonesia yang punya hak pilih untuk menggunakan hak pilihnya dengan penuh rasa tanggung jawab.

Tjahjo juga mengingatkan kepada aparatur sipil negara di lingkungan BNPP dan Kemendagri untuk tidak Golput, tetap menjaga persatuan dan kesatuan dan melawan racun demokrasi yaitu politik uang, kampanye yang berujar kebencian, fitnah, SARA dan hoaks.

"Kami keluarga besar Kemendagri dan BNPP punya tekat menjaga demokrasi demi terwujudnya dan suksesnya Pemilu 2019," ujar Tjahjo saat pembacaan ikrar.


(Humas BNPP dan Sumber Lain)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

SIMTAS
LAPOR
LPSE
MATERI
ARORA
Rakordal