Responsive image
Selasa, 2020-02-25 , 17:56:40 WIB

Mendagri Dorong Percepatan Penyaluran dan Pengelolaan Dana Desa Tahun 2020 Provinsi Kepri


TANJUNG PINANG- Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) yang juga Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, yang diwakili oleh Pelaksana tugas (Plt.) Sekretaris BNPP, Suhajar Diantoro, mendorong Percepatan Penyaluran dan Pengelolaan Dana Desa Tahun 2020 di Provinsi Kepulauan Riau.


Suhajar mewakili Menteri Tito untuk hadir dalam acara Rapat Kerja Percepatan Penyaluran dan Pemanfaatan Dana Desa dalam Menopang Ketahanan Sosial Ekonomi Masyarakat Tahun 2020 di Tanjung Pinang, Provinsi Kepulauan Riau, Selasa (25/2/2020). 


Dalam kesempatan tersebut Suhajar menyampaikan beberapa arahan Menteri Tito kepada Kepala Desa yang hadir dalam acara itu. 


Adapun arahan yang disampaikan seperti pemanfaatan Dana Desa dimulai pada awal tahun dan diutamakan pemanfaatannya melalui pola program padat karya, yang memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat miskin Desa; penggunaan Dana Desa diarahkan untuk menggerakkan sektor produktif tingkat desa; serta pengelolaan dan pemanfaatan Dana Desa harus dengan manajemen yang baik diikuti oleh pendampingan lapangan yang memadai, sehingga tata kelola Dana Desa semakin partisipatif, transparan dan akuntabel.


"Untuk mendukung percepatan penyaluran Dana Desa tersebut, saya minta kepada Pemerintah Provinsi untuk mendorong Pemerintah Kabupaten/Kota melakukan fasilitasi kepada Pemerintah Desa dalam pengelolaan Dana Desa. Selain itu juga berperan aktif dalam pembinaan dan pengawasan pengelolaan Dana Desa selaku Pemerintah di daerah," kata Suhajar.


Sementara untuk Pemerintah Kabupaten/Kota diminta segera menyiapkan dan memantau persyaratan yang dibutuhkan guna mencairkan Dana Desa Tahap Pertama, seperti Peraturan Kepala Daerah tentang Tata Cara Pengalokasian dan Rincian Dana Desa, Surat Kuasa Pemindahbukuan dan Peraturan Desa tentang APBDesa.


Pemerintah Kabupaten/Kota juga diminta menyiapkan Sumber Daya Manusia dan prasaranan pendukung lain, untuk melakukan verifikasi dokumen penyaluran Dana Desa. Serta pemantapan pembinaan dan pengawasan ke Desa dengan memperkuat peran Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP), dimana nantinya setiap jenjang APIP akan melakukan pengawasan keuangan Desa melalui aplikasi SISWASKEUDES.


Selain itu Pemerintah Kabupaten/Kota juga diminta agar tertib dalam menyampaikan laporan Dana Desa sebagaimana diamanatkan dalam aturan PMK Nomor 205/PMK.07/2019 dan Permendagri 20 Tahun 2018 serta memberikan peningkatan kapasitas bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa selain kepada aparatur pemerintah daerah.


Ada 275 Kepala Desa yang ikut dalam acara ini, Suhajar menambahkan hingga siang ini sudah ada Rp. 39,4 Miliar Dana Desa yang masuk dari total Dana Desa se-Provinsi Kepri Rp. 273 Miliar.


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA