Responsive image
Jumat, 2020-02-21 , 18:50:32 WIB

Mendagri Percepat Penyaluran Dana Desa Tahun 2020 di Provinsi Banten


SERANG- Deputi Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Boytenjuri, menghadiri Rapat Kerja Percepatan Penyaluran dan Pengelolaan Dana Desa Tahun 2020 Provinsi Banten di Serang. Selasa (18/2/2020). Pada kesempatan tersebut Boytenjuri menyampaikan beberapa pokok materi sesuai dengan arahan Kepala BNPP yang juga Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian.


Adapun beberapa pokok materi yang disampaikan adalah arahan Presiden Joko Widodo dalam Ratas terkait dana Desa; latar belakang dilakukannya percepatan antara lain penguatan daya tahan masyarakat Desa dalam menghadapi tekanan ekonomi dunia seperti yang dialami negara Tiongkok akibat Virus Corona yang mengakibatkan goyahnya perekonomiannya yang berpengaruh kepada ekonomi dalam negeri; kegiatan prioritas penggunaan dana Desa antara lain penanganan stunting, kejelasan batas desa dan peta desa, fokus pada sektor produktif terutama pada kegiatan padat karya tunai untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa.


Selain itu Boytenjuri juga menyampaikan tentang tugas penting yang harus dilakukan oleh Pemprov dan Pemkab terkait dana Desa; tata cara penyaluran dana Desa; SISKEUDES dan SISWASKEUDES; peran pengawasan dari BPKP dan APIP; peran Camat dalam pembinaan dan pengawasan dana Desa; serta tertib dalam pelaporan dana desa yang sesuai dengan Permendagri.


"Pada kesempatan yang baik ini, kami juga menyampaikan terkait dengan kunjungan Bapak Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana ke desa Gamcheon di kota Busan, Korea Selatan, yang dulunya desa kumuh sekarang menjadi desa wisata yang maju untuk dapat dijadikan inspirasi bagi kepala Daerah dan para Kepala Desa di Indonesia," ujar Boytenjuri dalam laporannya.


Raker dihadiri oleh Gubernur dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Provinsi Banten, Bupati atau yang mewakili, Forkompimda Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten, perwakilan instansi vertikal, Para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi/Kabupaten/Kota, para Camat se-Provinsi Banten dan Kepala Desa se-Provinsi Banten.

 Ada 118 orang Camat dan 1238 Kepala Desa yang hadir dalam rapat ini.


Sebelumnya Menteri Tito memerintahkan semua jajaran Eselon I yang terdiri dari Dirjen, Irjen, Deputi, Staf Ahli dan Staf Khusus Menteri untuk turun ke semua 33 propinsi seluruh Indonesia untuk memastikan percepatan dan pengelolaan dana desa sesuai tujuan Mendagri serta memberikan sosialisasi kepada pemerintah daerah dan kepala desa di wilayah provinsi. Dimana dalam pelaksanaannya masing-masing provinsi akan dikunjungi oleh satu atau dua pejabat Eselon I di atas serta secara langsung menerangkan mekanisme fokus pengelolaan dan sistem pengawasan penggunaan dana desa agar tepat sasaran untuk penguatan ekonomi desa.


"Kita sepakat dengan Menkeu dan Mendes agar tahun 2020 ini dana desa langsung di transfer ke rekening desa. Ini untuk menjamin kecepatan dan akurasi dana desa yang diterima oleh Pemerintah Desa" ujar Menteri Dalam Negeri yang juga Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Tito Karnavian, di Kantor Kemendagri, Jakarta, Senin (17/02/2020). 


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA