Responsive image
Kamis, 2019-09-12 , 14:59:08 WIB

Mengenal Balai Bhabinkamtibmas Kepri Yang Berdiri Di Atas Laut Perbatasan


BATAM- Kelurahan Kasu, Kecamatan Belakangpadang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mempunyai Balai Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) yang berdiri di atas laut perbatasan Indonesia-Singapura.


Balai Bhabinkamtibmas ini merupakan posko utama para Bhabinkamtibmas yang setiap hari bertugas menyisir pulau-pulau untuk memberikan penyuluhan, pengayoman dan kenyamanan bagi masyarakat.


Balai Bhabinkamtibmas yang merupakan inovasi Polri ini berdiri diatas laut dengan ditopang menggunakan tiang-tiang kayu, sementara laintainya terbuat dari papan. Walaupun terlihat sederhana, di balai ini terdapat perpustakaan mini, ruang konseling, pembinan, dan ruang diskusi publik.


Kapolsek Belakangpadang, AKP Ulil Rahim, menyebut Balai Bhabinkamtibmas yang diresmikan pada Rabu (11/9) ini hanya satu-satunya di Indonesia.


"Inovasi ini belum ada di daerah lain di Indonesia. Lantaran lokasinya di pulau, pos dibangun di atas laut menghadap Negara Singapura. Kita berharap Bhabinkamtibmas di sini bisa optimal berperan dalam penyelesaian permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat perbatasan," ujarnya seperti dikutip dari gatra.com, Kamis (12/9).


Kata Ulil, Balai Bhabinkamtibmas ini adalah upaya untuk mewujudkan pelayanan Bhabinkamtibmas yang profesional, modern dan terpercaya di wilayah perbatasan dan pulau kecil terluar.


Para Bhabinkamtibmas ini juga bakal selalu menjemput bola demi mempercepat pelayanan kepada masyarakat di perbatasan yang kebetulan jauh dari pusat pemerintahan.


Dalam menjalankan tugasnya Bhabinkamtibmas akan menggunakan speedboat, menyusuri pulau yang satu ke pulau lain. Mereka menjadi promotor untuk meniciptakan suasana kondusif dalam rangka menjaga keutuhan NKRI.


"Kita ingin masyarakat berasa nyaman dan tidak canggung saat berinteraksi dengan personil polisi," pungkasnya.


(Humas BNPP dan Sumber Lain)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
MATERI
ARORA
Rakordal