Responsive image
Selasa, 2019-07-09 , 14:55:09 WIB

Mengenal Pilar Titik Referensi Lebih Dalam


JAKARTA-Menjadi warga negara yang baik bukan hanya dapat dilakukan dengan membayar pajak semata. Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk menunjukkan rasa cinta tanah air, dari mengetahui hal-hal yang ada di sekitar kita.


Salah satunya seperti mengenal Pilar Titik Referensi (PTR). Jadi, sebenarnya apa sih PTR itu? Berdasarkan Peraturan Kepala BNPP Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Pilar Titik Referensi Pasal 1 ayat 2, PTR adalah bangunan pilar yang berlokasi di darat berkoordinat geografis. 


PTR mempunyai bentuk empat persegi panjang dengan ukuran panjang 80 cm, lebar 80 cm, dan tinggi 150 cm serta keramik berwarna putih ukuran panjang 40 cm dan lebar 40 cm. Di bagian sisi muka PTR terdapat keramik hitam berukuran 60 cm kali 60 cm. PTR ini terletak di sekitar pantai yang berbatasan dengan negara tetangga atau laut bebas.


Verifikasi, pemetaan dan pembangunan PTR dilakukan oleh Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Badan Informasi Geospasial, Dinas Hidro Oseanografi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut, serta Kementerian Pertahanan. Sementara dalam pelaksanaannya, pembangunan PTR melibatkan pemerintah daerah dan atau pihak terkait lainnya.


Sesuai dengan Pasal 15 tentang pemeliharaan PTR, disebutkan bahwa pemeliharaan PTR dilaksanakan oleh pemerintah daerah setelah berkoordinasi dengan BNPP dengan tembusan Dinas Hidro Oseanografi Tentara.


Sebagai warga negara yang mencintai tanah airnya, peran serta masyarakat dalam pengelolaan PTR sangat dibutuhkan. Seperti memberikan informasi kondisi PTR dan membantu pengamanan PTR. Peran serta masyarakat tersebut sangat dibutuhkan agar kejadian PTR hilang dan rusak tidak terulang kembali.


Berdasarkan capaian pelaksanaan pembangunan pengelolaan perbatasan negara tahun 2019 yang disampaikan oleh Asdep Pengelolaan Batas Negara Wilayah Laut dan Udara, Rahman Ibrahim, pada Selasa (9/7). Di tahun 2018, ada tiga PTR yang dinyatakan hilang.


Tiga pilar tersebut adalah PTR 115 yang berada di Tanjung Matodikin, PTR 125 di Pulau Mongudu, dan PTR 134A di Tanug Ungasan.


Mari bersama-sama menjaga perbatasan negara dimulai dari hal yang kecil agar kawasan perbatasan dapat mempunyai daya saing.


(Humas BNPP)


VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
MATERI
ARORA
Rakordal