Responsive image
Minggu, 2019-11-10 , 21:59:14 WIB

Mensos: Seluruh WNI Bisa Jadi Pahlawan Masa Kini



JAKARTA- ASN di lingkungan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) bersama dengan ASN Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada hari ini, Minggu (10/11/2019).


Upacara yang diadakan di pelataran Gedung Kemendagri, Jakarta, itu berjalan dengan khidmat. Membacakan sambutan tertulis Menteri Sosial, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Syarifuddin, bertindak selaku Inspektur Upacara mengatakan setiap Warga Negara Indonesia (WNI) dapat menjadi pahlawan masa kini. 


"Menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun warga negara Indonesia dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat menggangu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoaks, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain, dan sebagainya," ujarnya.


Menurutnya, untuk menjadi pahlawan masa kini WNI tak lagi harus mengangkat senjata mengusir penjajah seperti jaman dahulu. Menjadi pahlawan masa kini dapat ditunjukkan dengan cara menorehkan prestasi dalam berbagai aspek kehidupan serta bermanfaat dalam kehidupan sosial.


"Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta, bahkan nyawa, sekarang untuk menjadi pahlawan bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah tetapi kita juga bisa dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa di mata Internasional," sambungnya.


Syarifuddin berharap peringatan Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November ini, dapat meningkatkan kesadaran untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat.


"Jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah air mata menjadi sia-sia. Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggungjawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai-berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan membuat konflik satu sama lain," tambahnya.


Lebih lanjut, ia mengajak ASN di lingkungan BNPP dan Kemendagri untuk memupuk nilai kepahlawanan dan memaknai Hari Pahlawan dengan wujud nyata bekerja membangun negeri menuju Indonesia Maju.


"Dengan menjadikan diri kita pahlawan masa kini, maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi. Untuk itu marilah kita terus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia. Mari kita maknai Hari Pahlawan ini dengan wujud nyata bekerja membangun negeri menuju Indonesia Maju, sekali lagi jadilah pahlawan masa kini yang membanggakan negeri," pungkasnya.


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA