Responsive image
Kamis, 2020-03-19 , 21:09:49 WIB

Menteri Tito Surati Lima Menteri Ini Terkait Penanganan Covid-19 di Batas Negara


JAKARTA - Menyikapi perkembangan dan situasi terkini terkait dengan pandemi Covid-19 khususnya di kawasan perbatasan negara, Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) yang juga Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, mengirim surat kepada Menteri Kesehatan, Menteri Hukum dan HAM, Menteri Keuangan, Menteri Pertanian, serta Menteri Kelautan dan Perikanan.


Dalam surat tersebut Menteri Tito mengharapkan kerjasama para Menteri terkait untuk mengatasi Covid-19 di batas negara dengan memberikan arahan kepada jajaran masing-masing yang bertugas di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) dan pos-pos pelayanan lainnya yang belum berstatus PLBN di perbatasan negara agar tetap melaksanakan tugas sesuai dengan Protokol Penanganan Covid-19 di pintu masuk wilayah Indonesia yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.


Selain itu Menteri Tito meminta agar waktu pelaksanaan tugas pelayanan di PLBN dan pos-pos pelayanan lainnya dapat diatur.


"Misalnya dengan mengurangi waktu pelayanan, agar petugas di PLBN dan di pos-pos lain tersebut tidak mengalami kelelahan, mengingat diterapkannya prosedur ekstra karena harus melakukan pemeriksaan atas kesehatan pelintas batas sesuai dengan protokol," ujar Menteri Tito, Kamis (19/3/2020).


Lebih lanjut, Menteri Tito juga berharap para Menteri yang disuratinya dapat mengecek kondisi peralatan yang digunakan untuk mengecek Covid-19 para pelintas batas di PLBN, agar sesuai dengan standar yang dapat menghasilkan informasi yang akurat.


"Dalam hal diperlukan, Para Menteri dapat menambah personil dalam pelaksanaan tugas di PLBN," pungkasnya.


Terdapat tujuh PLBN yang telah di bangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang merupakan anggota BNPP. Tiga PLBN dibangun di Provinsi Kalimantan Barat yang berbatasan dengan malaysia, tiga PLBN itu adalah PLBN Aruk, PLBN Badau dan PLBN Entikong. 


Tiga PLBN lainnya dibangun di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berbatasan dengan Republik Demokratik Timor Leste, tiga PLBN itu adalah PLBN Motaain, PLBN Motamasin dan PLBN Wini. Sementara satu PLBN lainnya dibangun di Provinsi Papua yang berbatasan dengan Papua New Guinea yaitu PLBN Skouw.


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA