Responsive image
Senin, 2019-07-29 , 22:17:22 WIB

Mobil Sport Hasil Sitaan Akan Dijadikan Monumen Di PLBN Entikong


ENTIKONG- Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Entikong berencana menggunakan mobil sport hasil sitaan Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643 Wanara Sakti (Wns) untuk dijadikan sebuah monumen. 


Dikutip dari okezon.com, rencana itu merupakan bentuk pemberian efek jera bagi pelaku penyelundupan maupun orang yang ingin melakukan penyelundupan barang melalui jalur tikus.


"Kita berikan efek jera kepada pelaku. Kita cari cara agar mobil ini bisa dijadikan monumen di PLBN Entikong supaya penyelundupnya kapok," ujar Kepala Seksi Penyuluhan dan Kepatuhan Internal Bea Cukai Entikong, Erif Budi Safety, Minggu (28/7).


Mobil jenis Porsche 911 seri Carerra ini ditaksir senilai Rp3 miliar itu berhasil diamankan oleh Yonif Mekanis 643 Wanara Sakti (Wns) di Guna Banir, Kecamatan Sekayam, perbatasan antara Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat dengan Malaysia.


Sementara Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Sanggau di Entikong Akwan Annas, mengatakan belajar dari kasus-kasus sebelumnya, sindikat penyelundupan mobil mewah ini menggunakan pola terputus agar pemilik maupun pemesannya tidak terendus.


Penyelundupan mobil ini terungkap atas informasi yang disampaikan oleh masyarakat sekitar. Setelah melakukan pengintaian di Camp Ngabang di antara Segumon dengan Guna Banir petugas menemukan mobil mewah tersebut tanpa seorangpun saksi.


Aksi pengamanan yang dilakukan oleh aparat TNI di wilyah Entikong ini sesuai dengan amanat yang disampaikan oleh Ketua Pengarah Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) yang juga merupakan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto.


Wiranto menyampaikan bahwa wilayah nasional Indonesia masih ompong karena masih banyak bolong oleh jalur tikus di perbatasan. Untuk itu pihaknya meminta TNI dan Polri menempatkan personel untuk menjaga wilayah perbatasan tersebut agar pengungsi ilegal maupun barang ilegal, narkoba, dan gerakan terorisme tidak mudah masuk ke Indonesia.


"Saya sudah minta TNI-Polri menjaga dan mengamankan wilayah perbatasan yang tidak berpenghuni itu," katanya beberapa waktu yang lalu.


(Humas BNPP dan Sumber Lain)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA