Responsive image
Selasa, 2019-05-28 , 18:42:21 WIB

Mudik Asik Tanpa Sampah Plastik

JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengkampanyekan bebas sampah bagi para pemudik.

Kampanye yang diberi nama Mudik Asik Tanpa Sampah Plastik ini diharapkan mampu meredam pengunaan plastik dan penumpukan limbah plastik yang diprediksi akan mengalami peningkatan jelang mudik lebaran.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya, KLHK Rosa Vivien Ratnawati menyatakan persoalan sampah merupakan persoalan bersama. Untuk itu diperlukan partisipasi dan kepedulian masyarakat untuk turut mengatasinya. 

Kementerian anggota Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) ini mencatat, jumlah timbunan sampah secara nasional sebesar 175.000 ton per hari atau setara 64 juta ton per tahun.

"Untuk sampah plastik di Indonesia saat ini sekitar 15 persen dari total timbulan sampah, terutama di daerah perkotaan," ujar Rosa dalam keterangan tertulisnya, Selasa (28/5/2019).

Rosa menambahkan sampah plastik mengalami trend kenaikan dalam 10 tahun terakhir, dari 11 persen di tahun 2005 menjadi 15 persen di tahun 2015. Sumber utama sampah plastik berasal dari kemasan  makanan dan minuman,  kemasan consumer goods, kantong belanja, serta pembungkus barang lainnya. 

"Harapan kami semoga dengan upaya Kita semua mendukung kampanye “Mudik Asik Tanpa Plastik” mampu meningkatkan kesadaran masyarakat atas bahaya pengunaan plastik, khusunya single-use plastic terhadap ekosistem sehingga dapat mewujudkan komitmen pemerintah Indonesia untuk mengurangi 70 persen sampah plastik di laut pada tahun 2025," ujarnya.

Kampanye Mudik Asik Tanpa Sampah Plastik yang digalang KLHK mendapat dukungan dari Badan koordinasi kehumasan (Bakohumas).

Ketua Umum Bakohumas Rosarita Niken Widiastuti menilai kampanye ini merupakan salah satu program strategis Gerakan Indonesia Bersih dalam mengendalikan penggunaan plastik, khusunya single-use plastics yang diprediksi akan mengalami peningkatan jelang mudik lebaran.

Rosarita juga mengajak anggota Bakohumas untuk ikut ambil bagian dalam mensosialisasikan Mudik Asik Tanpa Plastik.

Menurutnya Sosialisasi kebijakan ini dapat dilakukan dengan memproduksi konten dan mendiseminasikannya melalui seluruh kanal informasi yang dimiliki setiap instansi. 

"Media sosial bisa menjadi salah satu kanal yang efektif untuk mendiseminasikan informasi ini. Sinergitas seluruh unsur pemerintah, terutama humas K/L agar proses diseminasi informasi melalui kanal informasi yang dimiliki oleh setiap instansi sangat penting agar kampanye ini bekerja optimal," tutup Rosarita.


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA