Responsive image
Rabu, 2020-04-01 , 21:15:57 WIB

Mulai 2 April 2020 WNA Dilarang Masuk Indonesia


JAKARTA - Anggota Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly, resmi melarang warga negara asing (WNA) masuk maupun transit di wilayah Indonesia dalam menekan penyebaran virus corona (Covid-19).


Hal tersebut telah dituangkan dalam Peraturan Menkumham Nomor 11 Tahun 2020 tentang Pelarangan Sementara Orang Asing Masuk Wilayah Negara Republik Indonesia. 


Larangan ini dapat dikecualikan terhadap orang asing pemegang Izin Tinggal Terbatas dan Izin Tinggal Tetap; orang asing pemegang Visa Diplomatik dan Visa Dinas; orang asing pemegang Izin Tinggal Diplomatik dan Izin Tinggal Dinas; tenaga bantuan dan dukungan medis, pangan dan alasan kemanusiaan; awak alat angkut, serta orang asing yang akan bekerja pada proyek strategis nasional.


Orang asing yang masuk dalam kategori pengecualian tersebut dapat masuk ke wilayah Indonesia setelah memenuhi persyaratan berupa surat keterangan sehat dari otoritas di masing-masing negara; telah berada 14 hari di wilayah/negara yang bebas virus Covid-19; serta menyatakan kesediaan untuk masuk karantina selama 14 hari yang dilaksanakan Pemerintah Indonesia.


Permenkumham ini juga mengatur regulasi bagi orang asing yang berada di Indonesia. Seperti orang asing pemegang Izin Tinggal Kunjungan yang telah berakhir atau tidak dapat diperpanjang izin tinggalnya, akan diberikan izin tinggal keadaan terpaksa secara otomatis tanpa perlu mengajukan permohonan ke Kantor Imigrasi serta tidak dipungut biaya.


Dan juga orang asing pemegang Izin Tinggal Terbatas dan Izin Tinggal Tetap yang telah berakhir atau tidak dapat diperpanjang lagi, akan diberikan penangguhan dan diberikan izin tinggal keadaan terpaksa secara otomatis tanpa perlu mengajukan permohonan ke Kantor Imigrasi serta tidak dipungut biaya.


"Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal 2 April 2020, jam OO.OO WIB," bunyi Pasal 9, Peraturan Menkumham Nomor 11 Tahun 2020 tentang Pelarangan Sementara Orang Asing Masuk Wilayah Negara Republik Indonesia.


Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Imigrasi Jhoni Ginting mengatakan Permenkumham ini berlaku sampai waktu yang tak ditentukan.


"Akan berakhir setelah instansi yang berwenang menyatakan bahwa pandemi Covid-19 sudah dapat terkendali dan dinyatakan aman bagi masyarakat," ujarnya melalui video teleconference, Selasa (31/3/2020).


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA