Responsive image
Senin, 2019-04-15 , 08:49:40 WIB

Pembangunan PLBN Oepoli Mendapat Dukungan Masyarakat

KUPANG - Pembangunan Pos Lintas Batas Nasional (PLBN) Oepoli, Kupang, Nusa Tenggara Timur mendapat dukungan dari masyarakat Amfoang Timur dengan memberikan lahan seluas 3,5 haktare.

Dukungan lahan ini sebagai bentuk keseriusan masyarakat adat Amfoang Timur dalam mewujudkan program pemerintah untuk membangun dari pinggiran.

Tokoh masyarakat Amfoang Timur, Kain Maus menilai keberadaan PLBN Oepoli sangat strategis dan mampu mendorong percepatan pembangunan ekonomi masyarakat di Amfoang Timur yang berbatasan dengan wilayah Timor Leste.

Hal inilah yang menjadikan masyarakat adat dari suku Loitas sepakat untuk menyerahkan sebagian tanah ulayat dalam pembangunan PLBN Oepoli.

"Kami sudah menyiapkan lahan seluas 3,5 haktare untuk mendukung pembangunan PLBN di Oepoli yang telah direncanakan oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo," ujar Kain Maus kepada Antara.

PLBN Oepoli satu dari 11 PLBN yang akan dibangun pada 2019 ini. Selain PLBN Oepoli, PLBN Napan, Kabupaten Timur Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur juga masuk dalam 11 PLBN yang akan dibangun oleh Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP). Pembangunan 11 PLBN ini tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2019 tentang Percepatan 11 PLBN Terpadu dan Sarana Prasarana Penunjang di Kawasan Perbatasan.

"Dengan pengalaman di tahun 2018, saya yakin kita bisa selesaikan 11 pos ini di tahun 2019," kata Menkopolhukam Wiranto selaku Ketua Pengarah BNPP saat menghadiri Rapat Koordinasi Pengendalian dan Pembangunan Perbatasan Negara Tahun 2019, di Hotel Aryaduta, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Di NTT kini telah terbangun PLBN Motaain di Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, PLBN Motamasin, di Kecamatan Kobalima Timur, Kabupaten Malaka dan PLBN Wini di Kecamatan Kabupaten Timur Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur. 

Wajah baru tiga PLBN tersebut telah menjadi objek wisata bagi para masyarakat lokal maupun pelancong dari negara tetangga Timor Leste.



(Humas BNPP dan Sumber Lain)


VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
MATERI
ARORA
Rakordal