Responsive image
Jumat, 2020-02-07 , 15:00:19 WIB

Pemerintah Hentikan Sementara Bebas Visa dan Pemberian Izin Bagi Warga Negara Tiongkok


JAKARTA- Pemerintah menghentikan sementara bebas visa kunjungan, visa, dan pemberian izin tinggal keadaan terpaksa bagi warga negara Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Langkah tersebut diambil lantaran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan penyebaran Virus Corona (2019-nCoV) sebagai Darurat Kesehatan Masyarakat Internasional (PHEIC).


Terkait hal tersebut anggota Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) yang juga Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna H. Laoly, menerbitkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020.


Peraturan Menteri tersebut telah diterbitkan dan dapat di download oleh masyarakat melalui laman kemenkumham.go.id. Peraturan Menteri ditetapkan di Jakarta pada tanggal 4 Februari 2020 dan berlaku mulai Rabu (5/2/2020).


"Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan sampai dengan 29 Februari 2020 dan akan dievaluasi kembali," bunyi Pasal 6 Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020.


Sejauh ini sudah ada 637 orang meninggal akibat wabah virus corona di wilayah daratan Tiongkok, Hong Kong dan Filipina. Jumlah orang yang terinfeksi virus corona saat ini diperkirakan melebihi 31 ribu orang.


Pihak BNPP melalui tujuh Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu telah memperketat pengamanan di perbatasan negara untuk mengantisipasi masuknya virus yang pertama muncul di sebuah pasar hewan di Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok.


Deputi Bidang Pengelolaan Batas Negara BNPP, Robert Simbolon, menyampaikan pihak PLBN memperketat pengawasan aktifitas lintas batas manusia dan barang melalui pemindaian suhu tubuh pelintas batas dengan thermoscanner, thermometer infrared, metode surveilance syndrome, dan pelacakan riwayat perjalanan pelintas batas oleh pihak Imigrasi.


Selain itu petugas yang bekerja di PLBN dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker mulut dan sarung tangan untuk mencegah penularan melalui kontak dengan pelintas batas.


"Edukasi kepada pelintas batas dan masyarakat sekitar melalui poster, iklan pada layar monitor di pintu kedatangan dan keberangkatan PLBN, serta pembagian selebaran juga sudah kita lakukan," ujarnya di Kantor BNPP, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, beberapa waktu yang lalu.


Bahkan tujuh PLBN yang tersebar di perbatasan negara juga sudah menyiapkan mobil ambulance dan ruang isolasi karantina kesehatan sebagai aksi cepat saat diduga terdapat suspect virus corona.


(Humas BNPP dan Sumber Lain)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA