Responsive image
Rabu, 2019-07-10 , 15:20:24 WIB

Pemindahan Ibu Kota Negara Untuk Mengatasi Ketimpangan Pembangunan Pendapatan Dan Ekonomi Luar Jawa


JAKARTA- Wacana pemindahan ibu kota negara ke luar pulau Jawa memang bukan hal baru sama sekali. Sebelumnya, Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno, telah mendiskusikannya sejak lama.


Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas bersama dengan Forum Merdeka Barat 9 mengadakan diskusi dengan tema “Pindah Ibu Kota Negara: Belajar dari Pengalaman Negara Sahabat” untuk membahas pemindahan ibu kota negara dari negara yang telah sukses melakukan pemindahan ibu kota negara yaitu Brasil.


Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, mengatakan tahun ini Presiden Joko Widodo akan mengumumkan lokasi di mana ibu kota negara akan dipindahkan.


“Pengumumannya oleh Presiden tahun ini,” ujarnya Kantor Bappenas, Jakarta Pusat, Rabu (10/7).


Bambang menyampaikan bahwa pemerintah ingin membangun  ibu kota negara secara mandiri. Karena bagaimanapun Jakarta merupakan ibu kota yang dibangun oleh pemerintah kolonial, VOC, Hindia Belanda.


“Kita ingin ibu kota baru yang Indonesia-sentris, memicu pertumbuhan ekonomi, dan mendorong pemerataan pembangunan. Ibu kota baru harus didesain dan dipikirkan oleh bangsa Indonesia sendiri. Kita ingin bangun dengan kemampuan sendiri. Ibu kota yang dibangun secara khusus dan memiliki tata kota dan urban planning yang sangat baik dan nyaman untuk penghuninya,” lanjut Bambang.


Bambang juga menyampaikan pemindahan ibu kota negara dimaksudkan untuk mengurangi ketimpangan pembangunan, pendapatan dan ekonomi di luar Jawa.


“Untuk itu, kita juga berupaya meratakan pembangunan antara Jawa dan luar Jawa. Ketimpangan pendapatan dan ekonomi ini yang harus kita atasi. Paling tidak, kita dapat mengurangi ketimpangan tersebut,” pungkasnya.


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
MATERI
ARORA
Rakordal