Responsive image
Senin, 2019-10-14 , 11:55:00 WIB

Pemkab Nunukan Bangun Pasar Rakyat Modern Tanpa Dana APBD


NUNUKAN- Pemerintah Kabupaten Nunukan membangun pasar rakyat berkonsep modern tanpa menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Pasar tersebut bernama Pasar Rakyat Adil Sejahtera (PARAS) Perbatasan.


Pasar tersebut terletak di Jalan Lingkar Kelurahan Selisun, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara. Pasar ini diluncurkan pada Sabtu (12/10) kemarin bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Nunukan.


Meski sejumlah fasilitas belum disediakan karena keterbatasan anggaran, PARAS Perbatasan sudah mulai ditempati oleh pedagang-pedagang sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) setempat.


Bupati Nunukan, Asmin Laura Hafid, mengatakan pembangunan sejumlah fasilitas akan dikerjakan pada tahap selanjutnya. Pada kesempatan itu ia menceritakan bagaimana awal mula PARAS Perbatasan ini dapat dibangun tanpa menggunakan dana APBD Kabupaten Nunukan. 


Laura mengatakan bahwa pihaknya mengumpulkan perusahaan besar yang beroperasi di daerahnya pada tahun 2017 lalu. Dari hasil pertemuan tersebut, sejumlah perusahaan besar memunculkan ide untuk mengumpulkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) untuk membangun pasar rakyat berkonsep pasar modern.


PARAS Perbatasan yang tidak menggunakan APBD Kabupaten Nunukan ini pun menuai pujian dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, karena dianggap mempunyai inovasi dan semangat melayani rakyat.


"Kita patut acungi jempol kepada Ibu Bupati (Nunukan) yang punya inovasi menggunakan CSR perusahaan membangun pasar tradisional sebesar ini. Tidak semudah itu bisa membangun, tanpa menggunakan dana APBD, tapi Bupati Nunukan ternyata bisa," ujar Asisten Administrasi dan Kesra Pemprov Kaltara, Zainuddin HZ, seperti yang dikutip dari antaranews.com, Senin (14/10).


Zainuddin menambahkan bahwa PARAS Perbatasan merupakan pasar dengan konsep modern yang baru pertama kali dibangun di Kaltara.


"Pasar semacam ini besar dan bagus, pertama kali ada di Kalimantan Utara. Ini pasar pertama di Kalimantan Utara dengan konsep modern," pungkasnya.


(Humas BNPP dan Sumber Lain)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA