Responsive image
Jumat, 2019-06-14 , 16:43:03 WIB

Pengelolaan Batas Wilayah Negara Bukan Cuma Tanggung Jawab Pemerintah Pusat


JAKARTA - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) sedang mempertimbangkan adanya aturan tentang kewenangan Pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota terkait pengelolaan batas wilayah negara.

Adanya aturan ini sesuai dengan UU Nomor 43 tahun 2008 tentang Wilayah Negara. Aturan tersebut akan tersusun dalam Peraturan Pemerintah tentang Pelaksanaan kewenangan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota dalam pengelolaan batas wilayah negara dan kawasan perbatasan.

Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris BNPP Suhajar Diantoro menjelaskan saat ini penyusunan rancangan PP tentang kewenangan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota dalam pengelolaan batas wilayah negara dan kawasan perbatasan sedang dimatangkan.

"Jadi perbatasan sekarang ini ada beberapa kata kunci, kata kunci pertama security diteruskan,  kewibawaan negara diteruskan, daya saing rakyat perbatasan. Nah daya saing inilah pekerjaan semakin ruwet pak, kalau sekedar batas negara bangun pos, pasukan kirim kesana bangun tonggak-tonggak sejarah udah bisa selesai, tapi membangun yang kedua ini dan yang ketiga tentang lingkungan ini lah pekerjaan yang maha dahsyat," ujar Suhajar dalam rapat di Kantor BNPP, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (13/6).

Rancangan PP ini bertujuan merangkul pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan batas wilayah negara dan kawasan perbatasan. 

Ia mencontohkan pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di sepanjang batas wilayah negara dan kawasan perbatasan di Kalimantan dengan Malaysia masih belum maksimal. Dimana disepanjang 2004 km baru terbangun tiga PLBN.  

Turut hadir dalam rapat Komisioner Komisi Aparatur Negara I Made Suwandi, Institut Pemerintahan Dalam Negeri Djohermansyah Djohan, Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementrian Dalam Negeri Eko Subowo serta para pejabat Eselon I hingga Eselon IV BNPP.


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA