Responsive image
Rabu, 2020-02-19 , 16:37:18 WIB

Penyelundupan Gula Pasir di Perbatasan RI-Malaysia Berhasil Digagalkan


PONTIANAK- Penyelundupan gula pasir sekitar 1,5 ton melalui jalur tikus di Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat yang berbatasan dengan negara Malaysia berhasil digagalkan.


Penyelundupan berhasil digagalkan anggota Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) yakni Tentara Nasional Indonesia melalui Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif Raider 641/Beruang. 


Anggota Satgas Pamtas Yonif Raider 641/Beruang berhasil menggagalkan penyelundupan gula pasir saat melaksanakan patroli malam hari di jalur tikus sektor kanan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Entikong.


"Gula ini kami perkirakan merupakan upaya penyelundupan melalui jalur tikus atau jalan tidak resmi di sektor kanan PLBN Entikong," ujar Komandan Satgas Pamtas Yonif Raider 641/Beruang, Letkol Inf Kukuh Suharwiyono seperti dikutip dari antaranews.com, Rabu (19/2/2020).


Kukuh mengungkapkan beberapa minggu terakhir pihaknya melihat ada upaya penyelundupan gula yang dilakukan secara rutin serta dalam jumlah yang besar. Untuk itu pihaknya memperketat pengamanan perbatasan dengan menggelar patroli rutin di jalur tikus tempat masuknya barang-barang ilegal.


"Dan ini merupakan upaya tindakan taktis yang bertujuan untuk mengantisipasi dan mencegah dari segala kegiatan ilegal, seperti penyelundupan barang-barang baik itu satwa ilegal, TKI ilegal maupun narkoba," pungkasnya.


Dalam patroli tersebut anggota Satgas Pamtas Yonif Raider 641/Beruang mengamankan 30 karung gula pasir. Barang bukti yang diamankan di Pos Kotis Gabma Entikong tersebut selanjutnya akan diserahkan kepada Kantor Bea dan Cukai Tipe Madya C Entikong.


(Humas BNPP dan Sumber Lain)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA