Responsive image
Senin, 2019-09-02 , 14:08:05 WIB

Penyelundupan Ribuan Botol Miras Di Perbatasan RI-PNG Berhasil Digagalkan


JAKARTA- Satuan Tugas (satgas) Batalyon Infanteri Mekanis Raider (Yonif MR) 411/Pandawa Kostrad berhasi gagalkan penyelundupan 2.040 botol minuman keras (miras) ilegal di lintas perbatasan Republik Indonesia dengan Papua New Guinea (RI-PNG).


Kegitan tersebut dilaksanakan tepatnya di Pos Samleber, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua, pada Jum'at malam (30/8).


Komandan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Dansatgas Pamtas) RI-PNG Yonif MR 411/Pandawa Kostrad Mayor Inf. Rizky Aditya menjelaskan dalam rangka menjaga stabilitas kemananan perbatasan RI-PNG khusunya Kabupaten Marauke delapan personel ditempatkan di Pos Samleber.


"Dipimpin oleh Serka (Sersan Kepala) Agus Kartika pada pukul 17.00 WITA telah diperiksa sebuah truk Dyna warna kuning dengan plat no DD 8440 TY karena terlihat mencurigakan,” ungkapnya seperti dikutip dari laman resmi TNI Angkatan Darat, tniad.mil.id, Minggu (1/9)


Dirinya menambahkan setelah melakukan pemeriksaan sesuai prosedur yang berlaku, Pos Samleber mendapati 2.040 botol miras beragam merek yang dibawa warga Boven Digoel berinisial MS (41) dan dua orang penumpang. Pelaku beserta barang bukti kini telah diamankan di Pos Samleber guna dilaporkan ke komando atas.


Mayor Inf. Rizky menegaskan seluruh jajaran Satgas Pamtas Yonif MR 411/PDW Kostrad berkomitmen mempersempit ruang gerak para oknum kegiatan ilegal guna memberantas peredaran barang terlarang seperti miras ataupun narkoba di perbatasan Ri-PNG.


“Kami ingin suasana di perbatasan ini aman dan kondusif, sebab miras ini tidak hanya berdampak kepada perorangan namun juga dalam kehidupan sosial, serta merupakan faktor penyebab terjadi nya aksi kerusuhan, perkelahian, hingga kecelakaan di jalan raya,” pungkasnya.


TNI sendiri yang merupakan anggota dari Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), sebelumnya prajurit TNI juga telah berhasil menggagalkan penyelundupan miras di Pos Komando Takis (Pos Kotis) di perlintasan  perbatasan Skow dengan Distrik Muara Tami,Senin (10/6).


(Humas BNPP dan Sumber Lain)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA