Responsive image
Kamis, 2019-10-24 , 14:49:11 WIB

Penyerapan Anggaran dan Stabilitas Politik Jadi Fokus Tito di Awal Masa Jabatan


JAKARTA- Menteri Dalam Negeri yang juga Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Tito Karnavian, menyampaikan akan fokus mengevaluasi penyerapan anggaran dan menjaga stabilitas politik di awal masa jabatannya.


Tito menyampaikan hal tersebut saat ditemui awak media usai menjalankan apel pertamanya di Kementerian Dalam Negeri pada hari ini.


"Yang paling penting dua itu, selama dua bulan ini. Ya anggaran dan menjaga stabilitas politik, jangan sampai berdampak kepada keamanan. Karna pemerintahan yang baru, kabinet baru, kebijakan baru, itu pasti akan ada dinamika, gelombang, nah ini jangan sampai gelombangnya besar. Gelombangnya riak-riak saja. Sehingga kalau stabilitas politik dalam negeri diantaranya di daerah aman, aman, aman semua ya pembangunan kan bisa jalan. Kita semua masyarakat berharap tentunya tidak terjadi gangguan keamanan, karna nanti ekornya di gangguan keamanan," ujarnya di pelataran Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat, Kamis (24/10).


Ia menjelaskan bahwa evaluasi penyerapan anggaran ini dilakukan karena sudah menjelang akhir tahun anggaran. Tito mengatakan akan meminta Dirjen terkait untuk menyisir daerah-daerah dan melihat penyerapan anggarannya, jika nanti dirasa penyerapan anggaran kurang maka pihaknya akan membantu agar anggaran yang masih ada terserap dengan sempurna melalui program-program yang telah direncanakan sebelumnya. Meski mendorong terserapnya anggaran, mantan Kapolri ini menggaris bawahi anggaran yang belum terserap harus digunakan dengan efektif dan tidak dihambur-hamburkan.  


"Tapi bukan berarti kemudian kita hambur-hamburkan, bukan ya. Harus tepat seperti program, nggak salah kira-kira gitu, tapi itu juga yang jadi penilaian pemerintahan yang bisa, pemda yang bisa, menggunakan anggarannya efektif terserap dan real nyata hasilnya itu yang paling bagus," lanjutnya.


Lebih lanjut Tito mengatakan pihaknya akan memberikan sumbangsih untuk menjaga stabilitas politik, agar selalu aman dan tidak menggangu keamanan negara.


"Kemudian tadi sudah saya sampaikan, yang paling utama kalo untuk masalah politik dan keamanan, sebagai pembina politik, pemerintahan daerah kita akan berusaha memberikan sumbangsih untuk menjaga stabilitas politik jangan sampai nanti berkembang menjadi gangguan keamanan," pungkasnya.


Tito Karnavian sendiri baru dilantik oleh Presiden Joko Widodo menjadi Mendagri dan Kepala BNPP pada Rabu (23/10), menggantikan pejabat sebelumnya yaitu Tjahjo Kumolo. Sementara, Tjahjo Kumolo diberi kepercayaan oleh Presiden Jokowi untuk menjabat sebagai Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB).


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA