Responsive image
Senin, 2019-04-22 , 18:43:54 WIB

Perjuangan R.A Kartini Memotivasi Perempuan Ikut Membangun Perbatasan


SAMBAS - Perjuangan R. A Kartini diharapkan dapat memotivasi perempuan Indonesia untuk ikut serta dalam mewujudkan pemerataan pembangunan, khususnya di kawasan perbatasan negara. Terlebih saat ini pemerintah melalui Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) berkomitmen untuk menjamin kesejahteraan masyarakat di wilayah perbatasan.

Demikian sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo selaku Kepala BNPP yang dibacakan Staf Ahli Mendagri Hari Nur Cahya Murni saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kartini di halaman Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk, Sambas, Kalimantan Barat, Senin (22/4/2019).

Dalam sambutan tertulisnya, Tjahjo menjelaskan peringatan Hari Kartini di PLBN Aruk menjadi momentum bagi para perempuan Indonesia untuk mengubah wajah perbatasan negara menjadi beranda terdepan. Apalagi, berdirinya PLBN tidak hanya sebatas tempat perlintasan masyarakat maupun barang, sarana prasarana penunjang juga ikut dibangun untuk memperkuat kawasan perbatasan negara. 

"Besar harapan kami kegiatan hari ini dapat dijadikan acuan untuk maju dalam menggeliatkan roda pembangunan daerah yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan rakyat," ujar Tjahjo.

Tjahjo menambahkan pembangunan fasilitas penunjang yang ada di setiap PLBN bertujuan meningkatkan ekonomi masyarakat di kawasan perbatasan. Salah satunya lahan untuk mengakomodir aktivitas jual beli bagi masyarakat. 

"Lokasi atau tempat jual beli sekiranya dapat dimanfaatkan bagi kaum perempuan untuk memperkenalkan kreatifitas dan inovatif kerajinan tangan maupun lainnya sebagai wujud meningkatkan perekonomian lokal serta mewujudkan perbatasan yang maju, aman, serjahtera serta mandiri," jelas Tjahjo.

Upacara peringatan Hari Kartini di PLBN Aruk diikuti oleh 320 orang. Mulai dari siswi SD, SMPN, SMAN, SMKN, Petugas PLBN Aruk, pihak perwakilan Kabupaten Sambas, Polres Sambas dan Puskesmas Sajungan Besar dan masyarakat sekitar.

Para petugas upacara ini diambil dari setiap perwakilan dari SMP hingga petugas puskesmas yang ada di wilayah PLBN. Seperti siswi dari SMKN 1 Sajingan Besar dilatih sebagai pengibar bendera, kemudian dirigen dari siswi SMPN 1 Sajingan Besar yang akan memandu lagu bagi paduan suara teman-teman satu sekolahnya serta perwakilan dari petugas PLBN Aruk, Polres Sambas dan Puskesmas Sajungan Besar. 

Untuk peserta upacara terdiri dari perwakilan Desa Sebunga, Desa Kaliau, Desa Sanatab, ibu-ibu dari Dewan Adat Dayak (DAD), Polwan Polres Sambas, Siswi SMAN 1 Sajingan Besar, SMKN 1 Sajingan Besar. Kemudian siswi SMPN 2 dan 3 Sajingan Besar serta SDN 1 Aruk, SDN 3 Sajingan Besar, SDN 5 Sei Enau. 

Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Hari Nur Cahya Murni menjadi Inspektur Upacara, sedangkan Perwira Upacara diisi oleh Wakil Bupati Sambas Hairiah dan Komandan Upacara dari Polwan Polres Sambas.


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
MATERI
ARORA
Rakordal