Responsive image
Jumat, 2019-08-30 , 14:31:04 WIB

Pesan Wiranto Untuk Masyarakat Papua


JAKARTA- Menteri Koordinator Bidang politik, Hukum, dan Keamanan yang juga Ketua Pengarah Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Wiranto, meminta masyarakat Papua tidak mudah di adu domba atau di provokasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.


Hal tersebut disampaikan oleh Wiranto terkait demo yang dilakukan oleh masyarakat Papua di beberapa titik di Papua seperti Kabupaten Jayapura, Waena, Perumnas 3, dan wilayah Kota Jayapura.


Wiranto mengatakan bahwa ada oknum yang tidak senang dengan kedamaian Indonesia dan menggunakan momen dugaan tindakan rasisme terhadap mahasiswa Papua di Surabaya, Jawa Timur, beberapa waktu lalu untuk memecah belah Indonesia.


"Memang banyak yang tidak senang negeri ini aman, tidak senang negeri kita damai, ada yang tidak senang negeri ini dapat membangun, memakmurkan rakyatnya, banyak (yang tidak senang). Dan itu, menggunakan momen ini untuk nimbrung, untuk mengacau dan bikin tidak damai," ujarnya seperti dikutip dari laman Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, polkam.go.id, Jumat (30/8).


Wiranto menyampaikan bahwa pemerintah sedang berupaya menyelesaikan masalah yang terjadi di beberapa titik di Papua. Ia mengatakan sudah datang ke bumi cendrawasih untuk berdialog dengan masyarakat.


"Saat kemarin saya ke Papua berdialog dengan masyarakat di sana, kita bisa dialog dengan baik. Saya bisa menjawab masalah-masalah yang disampaikan masyarakat ke kita, asal kita tidak emosi, asal kita jujur, asal kita tetap berorientasi pada persatuan dan kesatuan kita," lanjutnya.


Wiranto menyayangkan demonstrasi yang digelar di beberapa titik di Papua menelan korban jiwa. Menurutnya, demonstrasi harusnya dilakukan dengan baik sehingga tidak sampai menelan korban jiwa.


"Ini tentunya kita sesalkan. Harusnya kita hindari kenapa demonstrasi seperti itu luka sampe jatuh korban. Harusnya demo itu dilaksanakan dengan baik, mengikuti aturan main demonstrasi," sambungnya.


Lebih lanjut terkait peristiwa di Malang, Surabaya, Wiranto menyampaikan aparat yang melakukan kegiatan di luar batas akan diberikan tindakan tegas.


"Kemudian masalah tuntutan hukum, kita tahu bahwa musibah di Malang, di Surabaya, katanya ada satu upaya paksa terhadap keamanan, kita sudah menyampaikan akan ditindak secara hukum. Apakah aparat keamanan, polisi, TNI yang nyata-nyata melakukan satu kegiatan di luar batas maka akan diberikan tindakan. Jadi sebenarnya kalo bicara masalah hukum, tidak perlu dipermasalahkan," pungkasnya.


(Humas BNPP dan Sumber Lain)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA