Responsive image
Selasa, 2019-06-11 , 19:27:27 WIB

PLBN Aruk Jadi Pilihan Wisata Menghabiskan Libur Lebaran


SAMBAS - Pos Lintas Batas Negara (PLBN)  Aruk di Sajingan Besar, Aruk, Sambas, Kalimantan Barat menjadi alternatif objek wisata keluarga dalam menghabiskan libur Hari Raya Idul Fiti 1440 H.

Selain PLBN Aruk, sejumlah objek wisata di kawasan perbatasan Indonesia-Malaysia ini juga masih masih ramai dikunjungi kalangan keluarga dan pelajar. Seperti obyek wisata alam Riam Sunge Banokng, air terjun Riam Berasap.

Salah seorang wisatawan lokal, Santi mengatakan objek wisata tersebut masing-masing memiliki ciri khas. Mulai dari keindahan alam hingga objek swafoto. Terlebih akses jalan ke lokasi wisata baik ke Riam Sunge Banokng, air terjun Riam Berasap maupun PLBN Aruk sudah sangat baik.

"Selama ini hanya mendengar cerita teman dan melihat foto tentang perbatasan dan obyek wisatanya. Kali ini saya datang dan memang sangat luar biasa pembangunan perbatasan dan keindahan alamnya," kata Santi seperti diberitakan Antara, Senin (10/6/2019).

PLBN Aruk semakin populer setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) membangun infrastruktur kawasan lintas batas negara. Melalui Instruksi Presiden (INPRES) Nomor 6 Tahun 2015 tentang  Percepatan Pembangunan Tujuh PLBN Terpadu dan Sarana Prasarana Penunjang di Kawasan Perbatasan, PLBN Aruk salah satu dari tujih PLBN dalam Inpres kini memiliki wajah baru.

Selain pelayanan bea dan cukai, imigrasi, institusi kesehatan, dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), PLBN Aruk juga memiliki wisma Indonesia, kios untuk berdagang, tempat ibadah (masjid dan gereja) hingga kawasan kuliner. 

Kios berdagang ini diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin memasarkan kerajinan tangan bagi para pelintas batas. Khususnya warga negara Malaysia.


(Humas BNPP dan Sumber Lain)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
MATERI
ARORA
Rakordal