Responsive image
Kamis, 2019-05-16 , 07:30:59 WIB

PLBN Entikong Mulai Terima TKI yang Mudik Lebih Awal

PONTIANAK - Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong di Kabupaten Sangau, Kalimantan Barat (Kalbar) sudah mulai menerima Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia yang mudik lebih awal.

TKI yang mudik lebih awal melalui PLBN Entikong, didominasi pekerja sektor informal seperti pekerja rumah makan ataupun perusahaan perkebunan sawit. Para TKI ini mudik lebih awal karena tempatnya bekerja sudah memberikan libur.

Salah satunya Umi, TKI asal Pontianak, Kalbar yang bekerja di rumah makan di Malaysia mudik lebih dulu sebelum hari lebaran.

"Di sana warga muslim tidak boleh ke tempat makan kalau puasa, jadi tempat makan sepi. Nanti habis lebaran baru ramai lagi, jadi saya diizinkan bos pulang lebih awal," ucap Umi seperti diberitakan RRI.co.id, Rabu (15/5/2019).

Sementara itu Kantor Imigrasi di PLBN Entikong akan menambah personel untuk mengantisipasi arus mudik lebaran 1440 Hijriah.

Kepala Kantor Imigrasi Entikong, Herri Prihatin menjelaskan meski pelintas batas dari TKI sudah ada yang mudiknlebih awal, namun pihaknya tetap mengantisipasi lonjakan TKI yang kembali ke kampung halaman melalui PLBN Entikong.

"Kami sudah mengantisipasi jika nanti ada lonjakan perlintasan lebaran. Mendekati lebaran kami akan tambah personil di PLBN untuk melancarkan saudara-saudara kita yang mudik melalui Entikong," jelas Herri 

Herri menambahkan selain memperkuat kekuatan di PLBN Entikong, Imigrasi Entikong juga mengantisipasi kepulangan WNI tanpa dokumen yang melalui jalur tikus. Untuk antisipasi kepulangan WNI dari jalur tikus ini, Herri menyampaikan pihaknya menggandeng TNI dan Polri untuk patroli bersama.

Warga Negara Indonesia yang memilih jalur tikus untuk kembali ke tanah air lantaran tidak memiliki dokumen atau dokumen yang dimiliki sudah tidak berlaku lagi.

"Kami akan menggandeng TNI dan Polri untuk patroli bersama untuk memangkas perjalanan mereka yang memilih jalur tikus," tutup Herri.


(Humas BNPP dan Sumber Lain)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA