Responsive image
Sabtu, 2020-06-27 , 18:38:30 WIB

PLBN Sota Akan Beroperasi Setelah Pandemi Covid-19 Berakhir


JAKARTA - Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota yang dibangun oleh anggota Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua akan beroperasi setelah pandemi Covid-19 berakhir.


Hal tersebut disampaikan Pelaksana tugas (Plt.) Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Suhajar Diantoro, saat menjadi pembicara dalam webinar "Perbatasan, Pancasila dan Pandemi" yang diadakan dalam rangka Soft Launching Institute for Border Studies-Millennial Think Tank (IBS-MTT).


"Kita sudah membangun satu lagi yaitu PLBN Sota, PLBN Sota ini sudah kita bangun di Merauke belum diresmikan dan segera akan operasi setelah covid-19 karena sekarang perbatasan kita dengan Papua New Guinea kita tutup," kata Suhajar, Sabtu (27/6/2020).


Suhajar mengatakan pembangunan PLBN tidak akan berhenti sampai disitu saja. Pemerintah melalui Kementerian PUPR akan melanjutkan pembangunan PLBN di batas-batas negara.


Melalui Inpres Nomor 1 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan 11 PLBN terpadu dan Sarana Prasarana Penunjang di Kawasan Perbatasan, Kementerian PUPR akan membangun 11 PLBN di perbatasan negara dimana PLBN Sota adalah satu diantaranya. 


Suhajar menambahkan, jika pembangunan 11 PLBN sudah terlaksana nantinya Indonesia akan memiliki 26 PLBN di perbatasan negara pada akhir tahun 2024.


"Selanjutnya kita berusaha akan meneruskan membangun PLBN seperti ini keseluruhannya sampai dengan 26 nanti di akhir 2024," pungkasnya.


Adapun 10 PLBN lain yang akan dikerjakan Kementerian PUPR adalah PLBN Sei Nyamuk, PLBN Long Midang/Krayan, PLBN Long Nawang dan PLBN Labang direncanakan untuk dibangun di Provinsi Kalimantan Utara.


Sementara PLBN Jagoi Babang dan PLBN Sei Kelik/Jasa direncanakan untuk dibangun di Provinsi Kalimantan Barat. PLBN Serasan direncanakan untuk dibangun di Provinsi Kepulauan Riau. PLBN Napan dan Oepoli direncanakan untuk dibangun di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Serta PLBN Yetetkun direncanakan untuk dibangun di Provinsi Papua.


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA