Responsive image
Jumat, 2019-03-22 , 11:33:25 WIB

Plt Sekretaris BNPP: Gerbangdutas 2019 Jadi Bahan Evaluasi Kegiatan Tahun Depan

JAKARTA - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) menaruh perhatian serius terhadap peningkatan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas).

Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris BNPP Suhajar Diantoro menyatakan bakal melakukan evaluasi terkait kegiatan Gerbangdutas 2019 di Morotai, Maluku Utara. Hal ini untuk mengetahui hambatan dan kekurangan agar kegiatan tahunan ini bisa terlaksana lebih baik di tahun berikutnya.

Tahun ini BNPP telah menganggarkan Rp778,831 yang tersebar pada 14 kementerian/lembaga untuk mendorong percepatan pembangunan perbatasan negara di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara. Pencanagan Gerbangdutas ini dilakukan oleh Menko Polhukam Wiranto selaku Ketua Pengarah BNPP.

"Pembangunan tol laut di perairan Moratai juga segera dibangun, dengan mendata item barang yang dapat diangkut dari Morotai ke luar. Kami juga akan berkoordinasi dengan kementerian dan lembagan untuk mengatasi beberapa hambatan terjadi. Semisal dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk membuatkan depo bahan bakar nelayan di Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di Desa Daeo, Morotai," ujar Suhajar saat kunjungan ke SKPT di Morotai, Selasa (19/3/2019).

Selain meninjau SKPT di Desa Daeo, Suhajar juga meninjau pembangunan reservoir di perumahan prajurit Angkatan Laut dan pasar Darame I di Morotai.  

Adapun rangkaian kegiatan Gerbangdutas ini meliputi, pencanangan program dan kegiatan kementerian dan lembaga Tahun Anggaran 2019 di perbatasan negara, termasuk kegiatan pembangunan di Kabupaten Pulau Morotai, peresmian hasil kegiatan kementerian dan lembaga tahun anggaran 2018 di Kabupaten Pulau Morotai.

Kemudian penyerahan secara simbolis 200 Kepala Keluarga penerima manfaat administrasi kependudukan, penyerahan program rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 75 unit, bantuan alat pengolah Kopra kepada perwakilan warga Morotai. 

Selanjutnya penyerahan Ambulans dan kapal cepat kepada Puskesmas Daruba, Morotai serta Kartu Asuransi Nelayan untuk 738 orang.

 

(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA