Responsive image
Selasa, 2019-03-26 , 20:19:53 WIB

Plt Sekretaris BNPP: Perbatasan Tidak Hanya Soal Keamanan

JAKARTA - Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris BNPP Suhajar Diantoro mengingatkan paradigma tentang perbatasan tidak hanya soal keamanan. Kesejahteraan masyatakat di perbatasan juga harus menjadi poin penting.

Suhajar menjelaskan dalam membangun kesejahteraan dibutuhkan koordinasi yang baik. Untuk itulah, BNPP mencanangkan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas).

Dalam Gerbangdutas, sambung Suhajar, masing-masing kementerian, lembaga dan pemerintah daerah membuat program untuk membangun daerah perbatasan.

"Di Gerbangdutas ini kami secara bersama-sama meneguhkan hati bahwa membangun perbatasan, selain untuk menjaga keamanan dan menegakkan wibawa negara, tetapi juga untuk menunaikan janji negara dalam memuliakan rakyat di perbatasan. Termasuk mensejahterakannya," ujar Suhajar saat dialog Semangat Pagi Indonesia di TVRI, Senin (25/3/2019).

Lebih lanjut Suhajar menjelaskan dari kegiatan Gerbangdutas, potensi wilayah perbatasan dapat tergali dengan maksimal. Ia mencontohkan Gerbangdutas 2019 di Morotai pekan lalu.

"Fokus kami di Morotai adalah perikanan dan pariwisata. Di sana melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan dibangun Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT). Ternyata sumber daya ikan kita luar biasa. Nelayan kita di Morotai menangkap ikan Tuna kita ada yang sampai 45 Kg per ekor," ujar Suhajar.

Contoh lainnya yakni potensi pertanian di daerah perbatasan Papua dengan Papua Nugini (PNG). Kini, masyarakat di kawasan perbatasan dapat menjual hasil alam ke masyarakat Papua Nugini.

"Di PLBN Skow, Papua itu masyarakat PNG yang datang ke wilayah kita membeli hasil pertanian kita," ujarnya.

Selain menggali potensi di kawasan perbatasan, kegiatan Gerbangdutas juga menjadi sarana untuk menginventarisir kendala yang ada di perbatasan.

"Gerbangdutas ini menjadi salah satu kegiatan penting agar penanganan perbatasan dapat terpadu, komprehensif," pungkasnya.

 

 (Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA