Responsive image
Rabu, 2019-06-12 , 05:22:17 WIB

Plt. Sekretaris BNPP Tertibkan ASN yang Absen Usai Libur Lebaran


JAKARTA-Pelaksana tugas (Plt.) Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Suhajar Diantoro, menertibkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan BNPP yang tidak mematuhi regulasi ASN yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). 

Beberapa ASN ditertibkan dan mendapat arahan dari Pelaksana tugas (Plt.) Sekretaris BNPP, Suhajar Diantoro, di pelataran kantor BNPP yang berada di Jl. Kebon Sirih, Jakarta Pusat, pada Selasa sore (11/6).

Dalam kesempatan tersebut Suhajar memastikan para ASN sudah mendapatkan surat edaran yang dikeluarkan oleh Kemenpan RB, yang menyatakan bahwa ASN wajib masuk di hari pertama kerja usai Lebaran yakni pada Senin (10/6).

Para ASN ditertibkan dalam sebuah apel di halaman BNPP di sore hari. Suhajar mengatakan bahwa ASN yang absen usai libur Lebaran sebenarnya sudah mendapatkan surat edaran namun para ASN tetap absen karena beralasan soal tiket. 

“Awal masuk kerja 10 Juni ini kan sudah ada edaran Menpan RB. Ada juga surat edaran dari Mendagri. Masih ditambah edaran dari Sekretaris BNPP? Terus kenapa (tidak masuk) ?" tanya Suhajar kepada ASN yang tidak disiplin di halaman Kantor BNPP, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (11/6).

Pada surat yang diedarkan oleh Kemenpan RB, ASN yang tidak masuk kerja tanpa alasan yang sah pada Senin (10/6) akan dijatuhi sanksi hukuman disiplin karena melakukan pelanggaran terhadap kewajiban Pasal 3 angka 17 Peraturan Pemerintah 53/2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

ASN yang bolos pada hari pertama kerja akan mendapatkan peringatan tertulis dari Sekjen Kemendagri dan dirumahkan selama tiga hari.

Suhajar merasa mempunyai tanggung jawab moral untuk membina para ASN yang absen pada hari pertama masuk kerja usai libur Lebaran agar di masa yang akan datang mereka dapat berubah menjadi ASN yang lebih baik lagi.

“Persoalan nanti berapa persen dalam pembinaan ini yang menjadi lebih baik ya kita serahkan ke mereka.” pungkasnya.

Disamping menertibkan ASN yang bolos di hari pertama masuk kerja, ASN yang kedapatan tidak hadir Upacara Hari Lahir Pancasila pada hari sabtu tanggal 1 Juni 2019 juga dikumpulkan bersama membentuk barisan tersendiri.

Suhajar menyayangkan alasan yang dipakai oleh beberapa ASN karena telanjur dapat tiket promo mudik lebaran sebelum tanggal 1 Juni sehingga mereka nekat tidak mengikuti upacara itu. Menurutnya, hal itu tidak bisa dibandingkan dengan perjuangan para pejuang bangsa Indonesia yang telah mengorbankan waktu, tenaga dan jiwa hingga terkristalisasinya nilai-nilai luhur bangsa Indonesia, yang disebut Pancasila.

“Nah ini kan walaupun nampak-nampaknya secara sepintas soal tiket masih bisa dimaklumi tapi kalau dibandingkan dengan katakanlah pejuang-pejuang jaman dulu kan rasanya tak patut juga lah,” katanya.

Dia mengharapkan para ASN   ikut menyelami suasana kebatinan yang dialami para founding father yang telah berdebat dan berikhtiar untuk merumuskan Dasar Negara Indonesia, dengan disepakatinya Pancasila.


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

SIMTAS
LAPOR
LPSE
MATERI
ARORA
Rakordal