Responsive image
Senin, 2019-08-12 , 09:24:09 WIB

Polisi Selidiki Kebakaran Hutan dan Lahan di Perbatasan RI-Malaysia

SANGGAU - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi hampir di setiap daerah di Kalimantan Barat. Tak terkecuali di perbatasan RI-Malaysia, Kecamatan Entikong yang notabene sebuah kecamatan di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Indonesia.

Upaya pemadaman itu dilakukan di Desa Nekan, Kecamatan Entikong, pada Rabu 7 Agustus lalu. Api mulai membakar lahan pertanian yang nyaris merambat ke hutan di sekitarnya

Tim gabungan TNI-Polri serta Manggala Agni harus berjibaku memadamkan api yang membakar sejumlah luasan lahan di sana. Agar api tak merambat ke lahan lain. Apalagi ke lahan tetangga.

Wakil Kepala Polisi Sektor (Wakapolsek) Entikong, Iptu Eeng Suwenda mengatakan lahan yang terbakar ini tidak jauh dari perbatasan RI-Malaysia, jaraknya hanya belasan kilometer saja. Polisi pun disebut tak pernah ketinggalan untuk ikut memadamkan api atau patroli pencegahan dan terus mendalami asal muasal api muncul.

"Masih penyelidikan. 1 hektare lahan terbakar. Lahan warga Desa Nekan, Kecamatan Entikong, kurang lebih 17 kilometer dari perbatasan," kata Eeng.

Karhutla yang terjadi wilayahnya beragam. Ini juga menjadi penyebab kesulitan petugas di lapangan. Dan sudah dua pekan di Entikong kemarau panjang. Lahan yang luas dan kering juga memudahkan terjadinya Karhutla.

Tersangka melanggar Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup yaitu pasal 108 dan pasal 69 ayat 1. Ancaman hukuman kurungan paling singkat tiga tahun penjara dan paling lama 10 tahun penjara ditambah denda paling sedikit Rp 3 miliar dan paling banyak Rp 10 miliar.

"Kami sibuk memadam api. 3, 8, 7 9 hektare lahan terbakar. Kadang tidak tentu. Kadang- tidak ada," ujar Eeng.

Agar tak menjadi musibah besar, Eeng menjelaskan, TNI Polri di sana kerap memberikan sosialisasi kepada masyarakat di perbatasan. Isinya, terkait larangan dan bahayanya membuka lahan pertanian dengan cara dibakar. Meski sudah berjuang, amun masih saja ada warga yang menekuni cara tradisional tersebut.

Hal inilah yang dihadapi petugas hampir di semua daerah. Kendati demikian, kata Eeng, pihaknya selalu sigap melakukan pencegahan dan penanggulangan karhutla.

(Humas BNPP dan Sumber lain)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
MATERI
ARORA
Rakordal