Responsive image
Jumat, 2019-11-29 , 11:38:00 WIB

Presiden Apresiasi Anggota Korpri di Kawasan Perbatasan


JAKARTA- Presiden Joko Widodo mengapresiasi anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) yang bertugas di pelosok-pelosok negeri, pulau-pulau terdepan, kawasan perbatasan dan wilayah-wilayah terisolir. Demikian disampaikan Presiden Jokowi selaku Penasihat Nasional Korpri dalam sambutannya pada Hari Ulang Tahun Korpri ke-48 yang berlaku secara nasional.


Sambutan ini pula yang dibacakan oleh Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Robert Simbolon, selaku Inspektur Upacara pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun KORPRI ke-48 di lingkungan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (29/11/2019).


"Mereka adalah abdi negara yang menjalankan tugas dengan penuh dedikasi, untuk memastikan negara hadir di seluruh penjuru tanah air. Terima kasih atas pengabdian yang saudara-saudara berikan kepada rakyat, bangsa dan negara," kata Presiden.


Selain itu, dalam sambutan yang dibacakan oleh Robert tersebut Presiden Jokowi ingin orientasi birokrasi berubah, bukan lagi berorientasi pada prosedur, tapi lebih berorientasi pada hasil nyata. Perubahan orientasi birokrasi tersebut merupakan langkah untuk menghadapi revolusi industri jilid keempat yang telah mendisrupsi segala lini kehidupan, bukan hanya cara dalam berkomunikasi tapi juga dalam cara mengelola pemerintahan.


Di sisi lain, persaingan antar negara juga semakin sengit untuk berebut teknologi, berebut pasar dan memperebutkan talenta-talenta hebat yang digunakan untuk memajukan negaranya. Perubahan dan persaingan itu, harus dihadapi dengan cara-cara baru dan terobosan-terobosan baru. Dengan kecepatan, kreativitas dan inovasi menjadi kuncinya.


"Karena itu, saya mengajak seluruh anggota KORPRI untuk mengambil jalan perubahan, melakukan reformasi secara berkelanjutan. Tidak ada lagi pola pikir lama. Tidak ada lagi kerja linear. Dan tidak ada lagi kerja rutinitas. Birokrasi harus berubah. Kita harus membangun nilai-nilai baru dalam bekerja, cepat beradaptasi dengan perubahan," ujar Robert, yang secara tegas membacakan sambutan Presiden tersebut.


Selain itu, Presiden Jokowi juga ingin pelayanan yang ruwet, berbelit-belit dan menyulitkan rakyat, harus dpangkas. Presiden ingin kecepatan melayani menjadi kunci reformasi birokrasi.


Presiden Jokowi yang juga merupakan Penasihat Nasional KORPRI ini juga mengingatkan agar anggota KORPRI harus mengurangi kegiatan seremonial yang sifatnya rutinitas dan lebih meningkatkan produktivitas serta berorientasi pada hasil.


"Tugas birokrasi adalah memastikan rakyat terlayani dengan baik serta program-program pembangunan betul-betul terdelivered, dirasakan manfaatnya oleh rakyat. Sekedar melayani saja sudah tidak cukup, pelayanan yang diberikan harus baik dan diimbangi dengan kemudahan serta kecepatan," sambungnya.


Menurut Presiden Jokowi, dengan kemajuan teknologi, seharusnya cara kerja birokrasi juga berubah, karena kemajuan teknologi merupakan instrumen untuk mempercepat penyelesaian masalah. Masalah-masalah yang dihadapi saat ini harus diselesaikan dengan smart shortcut yang lebih cepat, efisien, dan memberikan dampak yang luas.


Sebagai negara yang besar dan memiliki 17 ribu pulau, dengan agama, suku, budaya, dan bahasa daerah yang beragam. Presiden Jokowi mengajak seluruh anggota Korpri yang tersebar di seluruh Indonesia termasuk juga yang berada di wilayah perbatasan negara, bersatu menjadi garda terdepan dalam merajut persatuan untuk mencapai kemajuan.


"Karena itu, saya mengajak pada seluruh anggota KORPRI yang tersebar di seluruh lndonesia menjadi garda terdepan dalam merajut persatuan, menjaga tali persaudaraan sebagai satu saudara se-bangsa dan se-tanah air," pungkasnya.


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA