Responsive image
Jumat, 2019-05-10 , 08:24:48 WIB

Presiden Joko Widodo Buka Musrenbangnas RKP 2020


JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) menghadiri  kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2019 di Shangri-La Hotel , Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Musrenbangnas yang berlangsung hingga 14 Mei ini bertujuan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2020. Tema RKP 2020 yaitu Peningkatan Sumber Daya Manusia untuk Pertumbuhan Berkualitas.

Presiden Jokowi dan Wapres JK datang sekitar pkl  09.15 WIB. Turut hadir beberapa pimpinan lembaga negara diantaranya Ketua DPR Bambang Soesatyo, Ketua MPR Zulkifli Hasan, dan  Ketua DPD Oesman Sapta Odang.  Hadir pula Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Tjahjo Kumolo, Plt Sekretaris BNPP Suhajar Diantoro, Menteri Kabinet Kerja, Gubernur, Bupati dan Walikota seluruh Indonesia.

Pada kesempatan ini, Presiden RI Joko Widodo menegaskan tiga masalah utama yang harus diselesaikan Indonesia secara segera diantaranya masalah pembangunan infrastruktur, reformasi birokrasi, dan peningkatan sumber daya manusia (SDM). Indonesia memiliki target masuk empat besar kekuatan ekonomi dunia pada 2045.

"Pemerataan infrastruktur mempengaruhi cita-cita Indonesia menjadi negara ekonomi terkuat, jika semua pembangunan merata tentu pertumbuhan ekonomi akan meningkat. Soal perizinan berbelit, juga mengganggu investor untuk datang membangun, hal ini perlu diperbaiki. Dan terakhir sumber daya manusia (SDM) maupun fasilitas pendidikan kita perlu di upgrade agar mampu bersaing dengan dunia global," terang Jokowi.

Jokowi berharap seluruh kepala daerah untuk memprioritaskan pembangunan infrastruktur agar terhubung satu sama lain sehingga mempermudah lalu lintas logistik.

Presiden juga menegaskan bahwa infrastruktur yang ada harus disambungkan dengan kawasan industri, UKM, pariwisata, serta pusat produksi baik pertanian maupun perkebunan.  

"Segera sambungkan titik titik yang masih terhambat di daerah, itu tugas kita sebagai pemerintah. Kolaborasi bersama antara Pusat dan daerah, mampu membuat yang kecil menjadi besar, sehingga ekonomi masyarakat meningkat tumbuh," kata Jokowi.

Menteri/Kepala Bappenas, Bambang PS Brodjonegoro mengatakan Musrenbangnas 2019 merupakan momentum penting karena dilaksanakan dalam rangka penyusunan RKP 2020 yang merupakan pelaksanaan tahun pertama Rencana Pembangunan Jangkah Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 dengan agenda utama meningkatkan SDM berkualitas dan berdaya saing.

“Pada 2024 pertumbuhan ditargetkan rata-rata 5,4%-6% per tahun,” terang Bambang.

Bambang menjelaskan bahwa dalam lima tahun terakhir pembangunan nasional menunjukkan kemajuan yang sangat baik. Di tengah ketidakpastian global ekonomi nasional tumbuh dengan stabil dan mencapai 5,17% di 2018. Kemiskinan mencapai tingkat rendah 9,66% di September 2018.

Tingkat pengangguran di Indonesia terus menurun di angka 5,34% pada Agustus 2018. Kesejahteraan sosial juga terus membaik. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya angka usia harapan hidup dan tingkat pendidikan juga  stabilitas politik dan keamanan yang terjaga.

“Presiden sudah mengagas impian 2015-2085. Untuk menterjemahkan impian tersebut, Bappenas telah menyusun visi 2045. Dalam visi 2045 Indonesia akan menjadi negara maju dan berpendapatan tinggi dengan PDB terbesar kelima di dunia,” kata Bambang.


(Humas BNPP dan Sumber lain)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

SIMTAS
LAPOR
LPSE
MATERI
ARORA
Rakordal