Responsive image
Selasa, 2020-02-25 , 18:06:48 WIB

Presiden Jokowi Ingin Dana Desa Segera Dimanfaatkan Pada Awal Tahun 2020


TANJUNG PINANG- Pemerintah telah menganggarkan Dana Desa sebesar Rp.72 Triliun untuk digelontorkan kepada 74.953 Desa di seluruh Indonesia. Presiden Joko Widodo berharap Dana Desa dapat segera cair dan dimanfaatkan oleh masyarakat.


"Bapak Presiden ingin agar Dana Desa ini segera termanfaatkan di lapangan, karna dalam bernegara prinsipnya dana-dana negara dan daerah itu adalah insentif untuk pembangunan, mendorong agar perekonomian bergerak," ujar Pelaksana tugas (Plt.) Sekretaris BNPP, Suhajar Diantoro, di Aston Hotel, Tanjung Pinang, Provinsi Kepulauan Riau, Selasa (25/2/2020).


Hal tersebut disampaikan Suhajar usai menyampaikan arahan Kepala BNPP yang juga Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, dalam acara Rapat Kerja Percepatan Penyaluran dan Pemanfaatan Dana Desa dalam Menopang Ketahanan Sosial Ekonomi Masyarakat Tahun 2020.


Lebih lanjut Suhajar mengatakan bahwa Presiden Jokowi berharap pemanfaatan Dana Desa dapat dimulai pada awal Tahun 2020.


"Nah oleh karna itu jangan sampai Januari, Februari, Maret lesu karna negara lambat mengeluarkan uangnya, maka dana desa harus segera dicairkan dan di kelola sesuai dengan ketentuan yang ada," pungkasnya. 


Dalam kurun waktu 2015-2019, total Dana Desa yang telah dikucurkan adalah sebesar Rp.257,65 Triliun. Pengalokasian Dana Desa juga meningkat dari tahun ke tahun. Jika diperhatikan dari trend pengalokasian Dana Desa digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan di berbagai bidang seperti infrastruktur, pendidikan, kesehatan, pengembangan ekonomi, pembangunan sumber daya manusia, penanganan stunting dan kegiatan ekonomi produktif lainnya.


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA