Responsive image
Selasa, 2019-07-30 , 15:33:19 WIB

Presiden Jokowi Pamerkan Jalan Perbatasan Merauke-Jayapura


JAKARTA- Komitmen Presiden Joko Widodo dalam membangun wilayah perbatasan negara tidak perlu diragukan lagi. Gencarnya pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di perbatasan menjadi bukti nyata bahwa Presiden Jokowi ingin masyarakat merasakan kehadiran negara di wilayah perbatasan.


Keseriusan Presiden Jokowi untuk merubah wajah Indonesia di wilayah perbatasan juga tertuang dalam Nawa Cita ke-3 yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. 


Selain itu Presiden Jokowi juga memasukkan kebijakan perbatasan negara dalam misinya bersama Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin dalam poin ke-3 yaitu pembangunan yang merata dan berkeadilan, serta poin ke-9 yaitu sinergi pemerintah daerah dalam kerangka negara kesatuan.


Baru-baru ini Presiden Jokowi memamerkan foto jalan perbatasan di Pegunungan Bintang, Papua, pada akun instagram pribadinya @jokowi.


Dalam caption foto, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa jalan selebar tujuh meter yang meliuk-liuk di antara hutan dan lereng tersebut merupakan bagian dari 1.098 km jalan perbatasan dari Merauke ke Jayapura, hingga Papua Nugini.


"Keberadaan jalan, kendati masih berupa jalan tanah, telah memberikan manfaat nyata bagi masyarakat perbatasan di Papua. Jarak antar pusat ekonomi wilayah yang ditempuh berminggu-minggu dengan berjalan kaki, sekarang dalam hitungan hari setelah dapat dilintasi kendaraan. Nahkan nantinya, semakin singkat dalam hitungan jam," ujarnya seperti tertulis dalam caption foto yang dipublikasikan pada Senin (29/7).


Presiden Jokowi menjelaskan bahwa ruas jalan tanah dalam foto tersebut merupakan jalan yang menghubungkan distrik Limarum dengan Kota Oksibil. Di ruas lain, dari Sota-Erambu-Bupul sepanjang 111 km sudah diaspal. Begitu juga ruas Bupul-Muting sampai Boven Digoel sepanjang 233 km.


"Dari total jalan perbatasan dari Merauke-Jayapura sepanjang 1.098 km, hingga akhir tahun 2018 sudah tersambung 919 km. Tantangan pembangunan jalan di Papua tidak mudah karena kondisi alam, cuaca dan material konstruksi yang terbatas," katanya.


(Humas BNPP dan Sumber Lain)


VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA