Responsive image
Selasa, 2020-05-12 , 13:55:19 WIB

Protokol Kesehatan di Semua Pintu Masuk Indonesia Diperketat Untuk Antisipasi Kepulangan WNI


JAKARTA - Untuk mengantisipasi kepulangan Warga Negara Indonesia (WNI) dari luar negeri di tengah Pandemi Covid-19, Presiden Joko Widodo mengarahkan untuk memperketat protokol kesehatan semua pintu masuk Indonesia.


Anggota Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) yang juga Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, menjelaskan WNI yang akan pulang ke Indonesia jumlahnya tidak sedikit. Para WNI tersebut merupakan WNI yang kehilangan pekerjaan atau untuk sementara kehilangan pekerjaan karena pandemi Covid-19, telah habis masa kontrak kerja dan tidak diperpanjang lagi, pelajar dan mahasiswa yang telah menyelesaikan studinya, serta WNI yang telah habis masa tinggalnya dan tidak diperpanjang lagi.


Pada Press Briefing yang diadakan pada Senin (11/5/2020), Menteri Retno mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo telah memberi arahan untuk memperketat protokol kesehatan di setiap pintu masuk negara baik darat, laut maupun udara.


"Bapak Presiden dalam rapat terbatas kembali memberikan arahan agar protokol kesehatan dapat dilakukan secara ketat, disiplin, dan seragam di semua pintu masuk Indonesia baik itu melalui udara, darat, maupun laut," kata Menteri Retno.


Dijelaskan Menteri Retno arahan ini merupakan cara untuk melindungi WNI yang kembali ke tanah air dan untuk melindungi keluarga mereka, masyarakat sekitarnya, serta untuk melindungi Indonesia secara menyeluruh.


"Pemberlakuan protokol kesehatan ini telah diatur dalam Surat Edaran Menteri Kesehatan Nomor 313 Tahun 2020. Sekali lagi kami sangat mengharapkan kiranya semua WNI yang baru tiba dari luar negeri secara disiplin dan ketat dapat menjalankan protokol tersebut demi kesehatan anda keluarga dan masyarakat," pungkasnya.


Menteri Retno mengatakan jumlah WNI yang kembali ke tanah air per 10 Mei 2020 ketibaan WNI dari negara tetangga Malaysia berjumlah 72.966 orang. Kembali melalui laut 65 persen atau berjumlah 47.674 orang, melalui jalur darat sebesar 20 persen atau berjumlah 14.681 orang dan melalui jalur udara 15 persen atau berjumlah 10.611 orang.


(Humas BNPP) Foto: Kementerian Luar Negeri

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA