Responsive image
Jumat, 2019-08-09 , 14:28:23 WIB

Provinsi Perbatasan RI-Malaysia Jadi Kandidat Ibu Kota Negara Baru


JAKARTA- Presiden Joko Widodo telah menyampaikan bahwa ibu kota negara akan dipindahkan dari Jakarta ke salah satu provinsi yang terletak di pulau Kalimantan. Tiga Provinsi itu adalah Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan. 


"Di mana pastinya, sejauh ini telah mengerucut ke salah satu provinsi bisa di Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan," ujar Presiden Jokowi seperti dikutip dari akun instagram pribadinya @jokowi, Jumat (9/8).


Presiden Jokowi menyampaikan bahwa segala aspek dalam proses pemindahan ibu kota negara baik dari skema pembiayaan, desain kelembagaan, serta payung hukum regulasi mengenai pemindahan ibu kota negara sedang dikaji secara mendalam dan detail. Sehingga keputusan yang akan diambil olehnya nanti benar dalam visi ke depan.


Presiden Jokowi menyampaikan pengalaman negara-negara lain dalam pemindahan ibu kota negara juga dipelajari untuk antisipasi hambatan yang akan terjadi saat ibu kota negara kita dipindahkan.


Menurutnya pemindahan ibu kota negara dilakukan karena melihat visi besar berbangsa dan bernegara pada masa yang akan datang.


"Kita harus melihat visi besar berbangsa dan bernegara untuk 10 tahun, 50 tahun, 100 tahun yang akan datang," pungkasnya.


Ada yang menarik jika kita membicarakan tentang kandidat provinsi ibu kota negara. Dimana dari tiga provinsi yang sering disebutkan oleh Presiden Jokowi ada salah satu provinsi yang merupakan provinsi perbatasan yang memiliki Lokasi Prioritas (Lokpri).


Provinsi tersebut adalah Kalimantan Timur. Lebih tepatnya Lokpri di Kalimantan Timur terletak di Kecamatan Maratua di Kabupaten Berau, serta Kecamatan Long Apari dan Long Pahangai di Kabupaten Mahakam Hulu.


(Humas BNPP dan Sumber Lain)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
MATERI
ARORA
Rakordal