Responsive image
Jumat, 2020-02-21 , 20:59:05 WIB

PT Pelindo III Ditunjuk Jadi Pengelola Jasa Pemanduan Kapal di Tiga Selat Perbatasan


JAKARTA- Anggota Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Kementerian Perhubungan telah menunjuk PT Pelindo III untuk memberikan pelayanan jasa pemanduan dan penundaan kapal di tiga selat perbatasan. Tiga selat perbatasan tersebut terdiri dari Selat Malaka, Selat Philip dan Selat Singapura.


Kasubdit Pemanduan dan Penundaan Kapal Direktorat Kepelabuhanan Kemenhub, Agus Arifianto, menyampaikan kawasan perairan tersebut dinyatakan sebagai wilayah perairan pandu luar biasa alur pelayaran Traffic Separation Scheme (TSS) yang berbatasan dengan batas negara tetangga Malaysia dan Singapura. Sehingga layanan pemanduan perairan harus dilaksanakan dengan service excellent.


"Hal ini penting karena pasar global semakin bersaing. (Layanan pemanduan perairan Selat Malaka) harus dilaksanakan dengan service excellent, sebagai penegasan untuk menjaga ketahanan dan suplai logistik Indonesia," kata Agus seperti dikutip dari kompas.com, Jumat (21/2/2020).


Sementara Direktur Teknik Pelindo III, Joko Noerhudha, mengatakan tugas yang telah diberikan kepada PT Pelindo III akan diberikan ke anak usaha perseroannya yaitu PT Pelindo Marine Service.


"Dengan diberikannya SK oleh pemerintah kepada Pelindo III, maka Pelindo III melalui Pelindo Marine Service, sebagai BUMN akan semakin dipercaya oleh operator atau agen kapal-kapal internasional untuk menggunakan jasa pandu dan kapal tunda Indonesia dalam melayari Selat Malaka dan sekitarnya dengan aman dan selamat," ujar Joko.


Joko menuturkan PT Pelindo III akan mendorong PT Pelindo Marine Service untuk mengembangkan bisnis di luar captive market-nya. Salah satunya dengan terus berinovasi agar bisa memberikan added value kepada pengguna jasa global.


"Ini juga merupakan wujud ekspansi BUMN ke pasar internasional," pungkas Joko.


(Humas BNPP dan Sumber Lain)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA