Responsive image
Jumat, 2019-08-23 , 14:22:24 WIB

Pulau Morotai Ingin Ekspor Komoditas Perikanan Tanpa Transit


JAKARTA- Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku, ingin mengekspor komoditas perikanan langsung ke luar negeri tanpa harus transit di Bitung dan Surabaya.


Hal tersebut diungkapkan oleh Plt. Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Suhajar Diantoro, dalam laporannya usai mengikuti Rakor Fasilitasi Pengembangan Kabupaten Pulau Morotai sebagai tindak lanjut kegiatan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) Tahun 2019 di Hotel Acacia, Jakarta Pusat, Kamis (22/8).


Keinginan ekspor komoditas perikanan Kabupaten Kepulauan Morotai tersebut merupakan salah satu dari beberapa permasalahan yang diungkapkan dalam laporan yang disampaikan oleh Suhajar.


"Adanya keinginan untuk ekspor langsung komoditas perikanan, mengingat saat ini hasil tangkap harus di bawa dahulu ke Bitung dan Surabaya untuk kemudian di ekspor," ujarnya.


Sebelumnya dalam acara Gerbangdutas 2019 yang diselenggarakan di Kabupaten Pulau Morotai yang diadakan pada Senin (18/3), Gubernur Maluku Utara, Abdul Ghani Kasuba, mendorong Pulau Morotai sebagai lumbung ikan karena letaknya yang dekat dengan negara tetangga.


"Apa yang saya harapkan mudah-mudahan menjadi lumbung ikan. Morotai menjadi pusat ikan sehingga Jepang yang begitu membutuhkan (ikan) hanya dengan menggunakan pesawat-pesawat besar bisa ekspor dari sini," kata Ghani beberapa waktu yang lalu.


Suhajar berharap solusi yang akan dia mbil pada rapat ini dapat menjadi contoh untuk daerah perbatasan lain yang memiliki masalah serupa.


"Solusi yang akan diambil pada rapat ini diharapkan dapat direplikasi/dicontoh sebagian untuk mengatasi permasalahan serupa pada Kabupaten/Kota bertipe Kepulauan terdepan lainnya," pungkasnya.


Rakor Fasilitasi Pengembangan Kabupaten Pulau Morotai ini juga diikuti oleh Deputi II BNPP beserta Asdep Potensi Kawasan Perbatasan Laut, Bupati Pulau Morotai, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Keuangan dan BPH Migas.


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA