Responsive image
Kamis, 2019-11-21 , 22:55:01 WIB

RI-Malaysia Teken MoU Batas Wilayah Negara Dua OBP Sektor Timur


JAKARTA- Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Malaysia melakukan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang Demarkasi dan Survei Batas Internasional antara Malaysia (Sabah dan Serawak) dan Indonesia (Kalimantan Utara dan Kalimantan Barat) di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (21/11/2019).


Penandatanganan MoU tersebut dilaksanakan dalam Forum Joint Indonesia-Malaysia (JIM) Boundary between Indonesia (Kalimantan Utara dan Kalimantan Barat) dan Malaysia (Sabah dan Serawak) ke-43.


MoU ditandatangani oleh Ketua Setia Usaha Kementerian Air, Tanah, dan Sumber Asli Malaysia Datuk Zurinah Pawanteh dan Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo. Penandatanganan disaksikan oleh Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) yang juga Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian serta Menteri Air, Tanah dan Sumber Asli Malaysia Yang Mulia Dato’ Dr Xavier Jayakumar. 


Tito Karnavian menilai MoU antara kedua negara penting dilakukan sebagai keberlangsungan kerjasama yang memberikan legalitas secara formal.


"Perjanjian yang kita buat tadi hanya lima menit tanda tangannya, tapi ini perjanjian panjang selama 43 tahun yang didasarkan pada dokumen-dokumen lebih dari 100 tahun yang lalu antara Belanda dan Inggris, sebaliknya lima tahun ini juga akan memiliki arti legacy untuk generasi kedepan, mungkin bukan hanya 10, 20, atau 100 tahun kedepan," ujarnya.


Sementara Pelaksana tugas (Plt.) Sekretaris BNPP, Suhajar Diantoro, menyampaikan dengan adanya penandatanganan MoU, dua Outstanding Boundary Problems (OBP) di Sektor Timur yaitu Sungai Simantipal dan segmen C500-C600 dinyatakan selesai.


"Penyelesaian dua OBP Sektor Timur Sungai Simantipal dan C500-C600 selesai tuntas," kata Suhajar.


Selain MoU, peta hasil survey demarkasi yang merupakan lampiran dari MoU juga telah ditandatangani oleh Direktur Jenderal Departemen Survey and Mapping Malaysia Dato' Sr Dr. Azhari bin Mohamed dan Direktur Wilayah Pertahanan Kementerian Pertahanan RI  Laksamana Pertama Bambang Supriadi, masing-masing selalu Ketua Tim Teknis Penegasan batas kedua negara.


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA