Responsive image
Senin, 2019-09-23 , 20:09:28 WIB

Rumah Unik Di Perbatasan RI-Malaysia Akhirnya Masuk Ke Wilayah Indonesia


JAKARTA- Masih ingatkah sahabat netizen perbatasan dengan rumah unik yang dibangun di perbatasan Indonesia-Malaysia, di mana dapur rumah tersebut masuk ke wilayah Malaysia dan ruang tamu masuk ke wilayah Indonesia? Kini rumah tersebut seutuhnya masuk ke dalam wilayah Indonesia.


Hal tersebut disampaikan oleh Asisten Deputi Pengelolaan Batas Negara Wilayah Darat Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Edy Supriyanta. Ia menyampaikan bahwa sebelumnya telah di bangun 13 Pilar utama baru di daerah Outstanding Boundary Problem (OBP) di Pulau Sebatik pada segmen East Pillar sampai West Pillar di Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara.


Kegiatan tersebut merupakan survei bersama yang diikuti oleh tim BNPP dengan Direktorat Topografi Angkatan Darat (Dittopad) TNI AD selaku perwakilan Co-Project Director (CPD) Timur Indonesia dan  Jabatan Ukur dan Pemetaan (Jupem) Malaysia selaku perwakilan Timur Malaysia. 


Edy menyampaikan dengan adanya pembangunan 13 pilar ini wilayah perbatasan antara Indonesia dan Malaysia menjadi semakin jelas. Terbukti dengan masuknya beberapa rumah di Desa Aji Kuning, Kecamatan Sebatik, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara yang tadinya masuk ke wilayah Malaysia setelah dipasang patok rumah-rumah tersebut masuk ke wilayah Indonesia.


"Yang jelas patoknya sudah dipasang dan kemarin ada beberapa rumah yang kemarin masuk wilayah Malaysia yang di Aji Kuning tapi setelah kita pancangkan patok-patok itu setelah diukur dan disepakati kembali kemudian dipasang patok itu akhirnya masuk ke wilayah Indonesia," ujarnya di Kantor BNPP, Jl. Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (23/9).


Dari beberapa rumah yang dimaksud oleh Edy, satu diantaranya adalah rumah unik yang beberapa waktu lalu heboh di media nasional dan media sosial karena keunikannya. Yaitu rumah yang dibangun diatas tanah Indonesia dan Malaysia.


"Saya melihat langsung persis itu. Termasuk yang ada rumah yang ruang tamunya masuk di wilayah Indonesia dan dapurnya masuk ke Malaysia. Sekarang masuk ke Indonesia" pungkasnya.


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA