Responsive image
Kamis, 2019-05-09 , 12:31:30 WIB

Sangihe Dapat Program Nasional Nusantara Sehat Dari Kemenkes

SANGIHE - Program Pemerintah Pusat yang dicanangkan melalui Kementrian Kesehetan (KemenKes) Nusantara Sehat masuk ke Kabupaten Sangihe sebagai salah satu wilayah perbatasan (8/5/2019).

Ada 19 orang tenaga Kesehatan yang ditugaskan diantaranya dari Jawa, Ambon, Aceh, Pekanbaru Riau, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Barat yang akan bertugas selama dua tahun kedepan.

Kepala Dinas Kesahatan (Dinkes) Pemkab Sangihe dr Jopy Thungari menyambut gembira hal tersebut. Thungari menjelaskan bahwa, kedatangan tenaga medis ke Kabupaten Sangihe merupakan wujud perhatian Pemerintah Pusat dan ini harus dibanggakan.

“Program Nasional ini sudah kita terima sejak tiga tahun lalu dan sumber pembiayaannya dari KemeKes. Jadi tidak ada pengeluaran dari daerah, sedangkan untuk penempatan para tenaga kesehatan ini sesuai usulan daerah,” kata Thungari.

Ia mengatakan, untuk tenaga kesehatan tersebut, akan ditempatkan ditiap Puskesmas di Kabupaten Sangihe yang mana Puskesmas tersebut kekurangan tenaga medis.

“Diantaranya Kampung Salurang, Manalu, Lapango dan Puskesmas lainnya. Ini sangat membantu , karena mereka sangat menjawab kebutuhan kita di kabupaten sangihe yang kekurangan tenaga ahli Gizi, Bidan, Apoteker, farmasi, Kesehatan Masyarakat, Analisis Laboratorium, dan kita telah menerima tenaga yang siap kerja,” Ujar Thungari.

Salah satu tenaga kesehatan Elvy asal Pekanbaru Riau menyampaikan terima kasih atas sambutan yang hangat sejak tiba di Kabupaten Sangihe.

“Sangat luar biasa saat tiba di Sangihe karena disuguhi dengan pemandangan yang indah, dan keramahan dari masyarakat Sangihe, tentu disamping itu kami akan bekerja dengan sebaik mungkin, karena ini merupakan kepercayan negara yang sudah diberkian kepada kami,” kata Elvy.

Thungari berharap kedepannya selama dua tahun berada di Sangihe, bisa saling berkolaborasi di berbagai lintas sektor, lintas program, sehingga segalah masalah kesehatan dapat ditangani.


(Humas BNPP dan Sumber Lain)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
MATERI
ARORA
Rakordal