Responsive image
Kamis, 2019-06-27 , 12:12:40 WIB

Satgas Pamtas RI-PNG Lakukan Patroli Patok Batas Negara


JAYAPURA – Dalam rangka mendukung tugas Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, meminta Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polri untuk lebih banyak bertugas di wilayah-wilayah perbatasan.

"Intinya bahwa membangun di perbatasan sangat dibutuhkan. Kalau enggak TNI dan Polri tidak menguatkan wilayah, kita akan kerepotan. Badan Narkotika Nasional (BNN) bolak-balik ke saya melaporkan temuan narkoba, kemudian Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) soal adanya teroris yang masuk lewat wilayah perbatasan, itu contoh ancaman yang perlu diantisipasi," papar Wiranto.

Sesuai arahan Wiranto, TNI menyisir wilayah perbatasan memastikan patok perbatasan NKRI di wilayah Perbatasan RI – PNG. Pengecekan itu penting dikakukan karena salah satu tugas utama satgas pamtas RI yang menjaga setiap wilayah perbatasan adalah memastikan patok batas negara tidak bergeser.

Dilansir dari Pospapua.com Satgas Yonif 328/DGH yang saat ini bertugas melakukan pengamanan perbatasan RI-PNG di Skouw Jayapura, melakukan pengecekan patok perbatasan di MM1 yang berada di sektor utara perbatasan RI-PNG, Selasa (27/6/2019).

Lokasi patok tersebut tak jauh dari Pos Kotis Satgas Pamtas 328, namun anggota Satgas tetap harus menempuh medan yang tak mudah. Waktu tempuh untuk sampai ke patok selama 2-3 jam berjalan kaki.

Dansatgas Pamtas Yonif PR 328/DGH Mayor Inf Erwin Iswari mengatakan patok tersebut berjarak hanya 750 Meter dari Pos Kotis dengan medan tebing terjal dan curam membuat perjalanan menuju patok sangat berat.

“Sesampainya disana kami melakukan pengecekan koordinat dan kondisi patok perbatasan dan kami laporkan bahwa patok tidak bergeser namun plakat dari Patok MM. 1 hilang,” ucap Erwin.

Erwin menjelaskan melaksanakan patroli untuk mengecek kondisi patok perbatasan merupakan tugas pokok Satgas. Hal ini sesuai dengan Undang-undang TNI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI untuk menegakkan Kedaulatan Negara.

“Selain menjaga perbatasan RI-PNG juga melaksanakan patroli patok yang bertujuan untuk mencegah terjadinya pergeseran patok perbatasan,” ujar Erwin.

Satgas Yonif PR 328/DGH sendiri mempunyai tanggung jawab 6 patok perbatasan yang dijaga untuk agar tidak bergeser yaitu,  MM.1 Pos Kotis, MM. 2 Pos Muara Tami, MM. 2.1 Pos Mosso, MM. 2.2 Pos Skofro Baru, MM. 2.3 Pos Skofro Lama, MM. 3.A Pos Bewan Lama.


(Humas BNPP dan Sumber lain)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA