Responsive image
Kamis, 2019-08-08 , 07:20:27 WIB

Satgas Pamtas Yonif 328 Adakan Lomba Cerdas Cermat Tanamkan Jiwa Nasionalisme Pelajar SD Kriko

JAYAPURA - Nasionalisme kita sebagai bangsa Indonesia hari ini rasanya seperti sedang di uji. Sedikit demi sedikit nasionalisme generasi muda mulai pudar.

Disadari atau tidak yang pasti jika dibandingkan, tingkat rasa nasionalisme antara generasi muda hari ini dan generasi muda Indonesia di masa lalu begitu jauh.

Bagaikan langit dan bumi, jaraknya begitu jauh sulit untuk dihitung. Kemerdekaan Indonesia merupakan salah satu buah dari rasa nasionalis generasi muda Indonesia di masa lalu. Mereka berjuang tanpa henti dan tidak takut mati demi sebuah kata merdeka.

Dikutip dari Detik.com, kali ini Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Batalion Infrantri (Yonif) Para Raider (PR) 328/DGH mengadakan lomba cerdas cermat dan permainan kepada pelajar SD Inpres Kriko untuk meningkatkan jiwa Nasionalisme terhadap anak-anak usia dini di perbatasan Skouw, Papua, Rabu (7/8/2019).

Dansatgas Pamtas Yonif PR 328/DGH Mayor Inf Erwin Iswari, S.Sos., M.Tr (Han) mengungkapkan bahwa kegiatan yang dilakukan Pos Pitewi pada Senin (5/8) ini, dipimpin Lettu Inf Herlansyah, yang diikuti sebanyak 20 orang siswa-siswi SD Kriko untuk memupuk jiwa Nasionalisme dan meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air.

“Lomba cerdas cermat dengan tema persoalan tentang Indonesia seperti Pancasila, UUD 1945 serta nama-nama pahlawan dengan tujuan untuk menumbuhkan wawasan kebangsaan bagi anak-anak,” kata Erwin.

Tak hanya lomba cerdas cermat, personel Satgas juga memberikan hiburan permainan psikologi lapangan yang dilakukan di luar kelas setelah jam pelajaran selesai. Kegiatan ini pun sangat disambut antusias oleh anak-anak SD Kriko.

Kegiatan ini tentu disambut baik oleh guru SD Inpres Kriko. Janu yang merupakan seorang guru SD Inpres Kriko mengucapkan terima kasihnya kepada personel Satgas yang telah meluangkan waktu membina dan mendidik anak-anak Kampung Kriko.

“Terima kasih kepada Satgas yang peduli terhadap pendidikan yang memberikan pemahaman dan ilmu mengenai kebangsaan dan menumbuhkan rasa cinta tanah air,” tukas Janu. 

(Humas BNPP dan Sumber lain)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
MATERI
ARORA
Rakordal