Responsive image
Selasa, 2019-04-02 , 10:49:27 WIB

Simtas BNPP Aplikasi dari Perpres Nomor 95 Tahun 2018

JAKARTA - Biro Perencanaan dan Kerjasama Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) mengelar rapat membahas Sistem Informasi Manajemen Perbatasan (Simtas) BNPP.

Rapat ini untuk mengoptimalisasi kembali sistem informasi yang ada di Simtas. Nantinya di Simtas ini, masyarakat dapat melihat capaian yang dilakukan BNPP dalam pembangunan kawasan perbatasan serta program BNPP yang tertuang dalam rencana induk (Renduk) lima tahun ke depan dan rencana aksi (Renaksi) tahunan.

Dalam rapat tersebut juga membahas kebutuhan data dan informasi yang dimasukkan ke dalam Simtas. Simtas sendiri merupakan aplikasi yang memuat seluruh data dan informasi tentang perbatasan negara. Simtas BNPP ini sudah dimulai sejak enam tahun lalu.

"Untuk membangun ini perlu kesiapan untuk berubah. Karena sekarang eranya keterbukaan, kalau perlu di webside kita paparkan capaian kita seperti apa. Jadi Simtas ini kegunaannya banyak," ujar Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama  Anny Julistiani saat membuka rapat di Hotel A One, Jakarta, Senin (1/4/2019).

Anny menambahkan dalam waktu dekat Simtas BNPP yang akan dimuat dalam Simtas Capaian Renduk 2015-2019, Renduk 2020-2024 dan Renaksi 2020.

Simtas BNPP ini terdiri dari webside BNPP, gudang data yang berisi informasi dari BNPP dan anggota BNPP. Kemudian papan digital, geographic information system (GIS) dan aplikasi lainnya.

Keberadaan Simtas merupakan wujud dari Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

"Ini harus kita laksanakan. Simtas ini akan menjadi big data di lingkungan BNPP," ujar Anny.


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
MATERI
ARORA
Rakordal