Responsive image
Rabu, 2019-05-15 , 09:57:57 WIB

Target Kelar Sebelum Oktober 2019 4 PLBN Baru Dalam Tahap Pembangunan


JAKARTA - Pemerintah sedang berkonsentrasi dalam pembangunan sejumlah Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di perbatasan-perbatasan Indonesia dengan negara-negara tetangga. Pemerintah menargetkan empat PLBN yang lagi dibangun bisa selesai sebelum Oktober 2019.

Tjahjo Kumolo selaku Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan ditemui di kantor Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) di Jalan Kebon Sirih Jakarta Pusat, Rabu (8/5/2019), menjelaskan bahwa BNPP dan Stakeholder terkait sedang mengawasi percepatan pembangunan ke 11 PLBN tersebut.

"Tadi kami rapat untuk evaluasi, persiapan penyerapan anggaran dan optimalisasi pembangunan 11 PLBN. Dari 11 kini sedang dibangun empat PLBN," kata Tjahjo.

Dari 11 PLBN terdapat 4 PLBN yang menjadi perioritas sedang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yakni, PLBN Jagoi Babang di Kalimantan Barat, PLBN Sei Nyamuk dan PLBN Long Midang di Kalimantan Utara, serta PLBN Sota di Papua. 

"Kami setidaknya berharap dua atau tiga (bulan) sudah bisa diresmikan sebelum Oktober 2019," ujar Tjahjo. 

Tjahjo berharap pemerintah daerah tingkat kabupaten dan kota yang ada di wilayah perbatasan untuk memberikan peluang terhadap investor baik luar negeri maupun investor dari dalam negeri. 

"Untuk meningkatkan daya saing dan pertumbuhan perekonomian di wilayah perbatasan itu harus tinggi setidaknya 5,6 sampai 6 persen untuk anggaran di tahun 2019-2020," lanjut Tjahjo. 

Hal ini dapat meningkatkan urusan perdagangan dan pariwisata sehingga warga dari daerah tetangga dapat melakukan transaksi perdagangan di Tanah Air. 

Pembangunan PLBN ini akan menekan masalah kejahatan yang masuk ke Indonesia melalui wilayah perbatasan negeri ini. 

"Salah satunya, perbatasan tidak hanya dilihat secara ekonomi saja, dari secara pertahanan harus terpadu, lolos ya warga negara asing yang menyusul ke kita, dari pihak imigrasi diperkuat, dari pihak bea cukai diperkuat," pungkas Tjahjo. 


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
MATERI
ARORA
Rakordal